Harga Ethereum 2023: Saingi Bitcoin, Gelombang Altcoin Selanjutnya?

Harga Ethereum 2023: Saingi Bitcoin, Gelombang Altcoin Selanjutnya?

Pertama kali di tahun 2023, harga Ethereum menunjukkan performa yang mengesankan melebihi Bitcoin dalam beberapa metrik, menandakan perubahan struktural pasar yang mendasar. Sebagai mata uang crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, Ethereum mengikuti sentimen umum di sektor ini dengan mencatatkan rekor tertinggi tahunan.

Ethereum Ungguli Bitcoin: Sinyal Kekuatan Sektor Altcoin?

Ethereum Ungguli Bitcoin: Sinyal Kekuatan Sektor Altcoin?
TradingView

Laporan dari BlockScholes yang dipublikasikan oleh platform opsi Deribit menunjukkan lonjakan volatilitas harga Ethereum yang kembali melebihi Bitcoin. Perubahan struktur pasar crypto ini mengindikasikan bahwa para trader dan institusi bersiap untuk awal tahun 2024.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa potensi persetujuan spot di ETF Ethereum AS menjadi pemicu aksi harga saat ini. Dinamika baru ini menunjukkan bahwa sentimen bullish terhadap peristiwa ini telah bergeser dari Bitcoin ke Ethereum.

Dalam grafik di bawah ini, Ethereum mencatatkan pengembalian yang lebih tinggi daripada Bitcoin untuk pertama kalinya sejak Juli 2023. Lonjakan pengembalian tersebut, menurut BlockSholes, memungkinkan ETH untuk mengatasi tren menurun yang berkelanjutan, namun secara keseluruhan, performa crypto ini tetap dalam rentang tahunannya.

Baca Juga: Harga Ethereum (ETH) Melonjak Tajam Hingga Rp34 Juta, Bagaimana Selanjutnya?

Meskipun pembalikan ini belum cukup kuat untuk memberikan kepercayaan penuh pada kembalinya struktur pasar yang dulu kita harapkan, ini menunjukkan bahwa efek dari taruhan spekulatif seputar aplikasi ETF spot tidak terbatas pada BTC saja.

Hal ini didukung oleh volatilitas tersirat untuk kedua aset di seluruh struktur waktu, yang memprediksi tingkat volatilitas yang serupa untuk kedua aset.

Potensi Rally Altcoin

altcoin
BlockScholes via Deribit

Selain itu, laporan tersebut mencatat penurunan nilai dolar AS yang diukur oleh Indeks DXY. Aset berisiko dapat berkembang saat mata uang tersebut menunjukkan tren penurunan, yang mungkin mengindikasikan kebijakan moneter yang longgar oleh Federal Reserve (Fed).

Jika Ethereum terus mendapatkan momentum bullish dari level saat ini, seluruh sektor altcoin bisa melihat keuntungan lebih lanjut. Laporan tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar entitas dan trader memperhitungkan “kejadian risiko” pada akhir Januari 2024.

Dengan demikian, Bitcoin dan Ethereum mungkin akan melihat reli yang lebih signifikan pada waktu tersebut. Koin mana yang unggul mungkin akan mengungkapkan lebih banyak informasi tentang tren selanjutnya; jika Ethereum mengungguli, maka altcoin kemungkinan akan mengikuti.

Pandangan Veteran Trader Tentang Harga Ethereum

Peter Brandt, seorang trader veteran, memberikan komentar tentang aksi harga Ethereum saat pasar memulai reli crypto yang baru. Bitcoin, crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar, melonjak ke $44.000 untuk pertama kalinya sejak April 2022.

Ethereum juga melonjak sebagai respons terhadap dorongan bullish, menyentuh level tertinggi $2.312 dalam sesi perdagangan hari ini. Brandt mengajukan tiga narasi tentang harga Ethereum dan meluncurkan jajak pendapat untuk pengikutnya.

Narasi tersebut termasuk pola wedge klasik dengan target harga $900 untuk ETH, pola wedge berjalan yang menargetkan $3.300, dan “Morfologi yang akan datang,” yang bisa mengindikasikan bahwa aksi harga Ethereum masih dalam proses pembentukan.

Hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa mayoritas responden memilih opsi wedge berjalan dengan target $3.300.

Paragraf Penutup

Dengan dinamika pasar crypto yang terus berkembang, Ethereum menunjukkan potensi yang signifikan untuk memimpin gelombang baru dalam sektor ini. Kamu sebagai investor crypto atau pengamat pasar mungkin ingin memperhatikan perkembangan ini, karena bisa jadi penentu arah pasar crypto di masa depan.

Baca Juga: Pemimpin Tim Ethereum Kecewa, Universitas Ini Tak Minat Kolaborasi!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi