Selagi Menunggu Ethereum Shanghai, Pengembang Ethereum Uji ‘Shadow Fork’

author:

Selagi Menunggu Ethereum Shanghai, Pengembang Ethereum Uji ‘Shadow Fork’

Pada beberapa waktu lalu, Ethereum berencana untuk mengembangkan Ethereum Shanghai sebagai upaya untuk mengatasi masalah gas fee dengan memperkenalkan perubahan pada protokol layer 2 jaringan. Setelah berhasil dengan Ethereum Merge, Ethereum upgrade Shanghai sangat dinantikan oleh komunitas. Dilansir dari Cointelegraph (24/1/23), para pengembang Ethereum mencoba menyerang testnet dengan node berbahaya untuk menemukan kerentanan dalam uji coba sebelum perilisan Ethereum Shanghai. Bagaimana kelanjutannya? Simak beritanya sampai akhir!

Upgrade Shanghai Ethereum: Pengembang Luncurkan ‘Shadow Fork’

Dilaporkan oleh Bitcoin News (23/1/23), dikabarkan langsung oleh Marius van der Wijden, selaku teknisi perangkat lunak, pengembang Ethereum mulai menyelesaikan “shadow fork” upgrade Shanghai baru-baru ini. Menurut laporan, “shadow fork” akan berfungsi sebagai pengujian untuk peningkatan Shanghai, yang memungkinkan pengembang untuk mengidentifikasi bug dan masalah potensial apa pun.

Sumber: Twitter

Melalui akun Twitternya, Marius Van Der Widjen mengatakan bahwa pengujian ini akan dicoba mulai dari node berbahaya. Sementara itu, menurut laporan Cointelegraph, testnet baru bernama “Withdrawal-Mainnet-Shadow-Fork-1” ini dibuat untuk menguji kondisi yang diperlukan untuk penarikan staking Ether, yang saat ini dinonaktifkan, dan akan diaktifkan kembali ketika pembaruan. Menurut penyedia node Web3, Alchemy, “shadow fork” adalah fork dari mainnet yang digunakan hanya untuk pengujian semata.

Baca juga: Gas Fee Ethereum Naik 54%, Upgrade Ethereum Shanghai Solusinya?

Tes Pengujian Untuk Memperkuat Upgrade Shanghai

Ethereum Shanghai
Sumber: Pixabay

Tercatat di Cointelegraph, Van Der Wijden mengatakan bahwa dia dan pengembang lain bernama “Potuz” akan membuat node jahat yang akan mengirimkan blok serta pesan buruk ke node lain di testnet. Tak hanya itu, ia juga mencoba untuk meyakinkan pengguna untuk bergabung dengan versi jaringan yang salah. Untuk saat ini, jaringan tersebut berjalan dengan lancar, tetapi Van Der Wijden menyatakan bahwa dia ingin “melihat apakah Potuz dan saya dapat memecahkan masalah”.

Tes yang dilakukan ini tampaknya bertujuan untuk melihat apakah upgrade tersebut dapat mencegah serangan berbahaya dan apakah ada perubahan lebih lanjut yang diperlukan sebelum diimplementasikan pada mainnet.

Lebih lanjut, peluncuran testnet ini dilakukan setelah para pengembang menyatakan urgensi yang semakin meningkat untuk mewujudkan penarikan staking Ether. Pada 6 Januari 2023, mereka diketahui mengadakan pertemuan, di mana para pengembang Ethereum setuju untuk mengecualikan EVM Object Format (EOF) yang diusulkan dari peningkatan Shanghai. Awalnya, EOF dimaksudkan untuk membuat Ethereum lebih mudah ditingkatkan di masa depan, namun karena kerumitannya, para pengembang memutuskan untuk tidak mengikutsertakan EOF ke Shanghai karena khawatir hal itu akan menunda implementasi penarikan.

Upgrade Shanghai Dijawalkan pada Maret 2023

Ethereum Shanghai
Sumber: Unsplash

Sebelumnya, komunitas mata uang crypto telah mengkhawatirkan penarikan rantai Beacon, karena terdapat 16.167.527 ETH yang tersimpan di dalam kontrak validator yang saat ini terkunci. Menurut laporan Bitcoin News, hanya hard fork atau upgrade Shanghai-lah yang dapat membuka dana yang dipertaruhkan. Selain itu, menurut laporan Cointelegraph, lebih dari 14,5 juta ETH (senilai lebih dari $23 miliar) telah disetorkan ke dalam kontrak staking Ethereum, yang saat ini tidak dapat ditarik.

Terlepas dari hal tersebut, dilaporkan oleh Decrypt (24/1/23), perilisan upgrade Shanghai tidak diragukan lagi akan memiliki dampak yang signifikan pada pasar crypto. Analis di JP Morgan baru-baru ini menulis bahwa kemampuan staker ETH untuk menarik dana sesuka mereka “dapat mengantarkan era baru staking,” untuk bursa crypto utama, Coinbase, yang telah mengalami penurunan nilai sejak dimulainya musim dingin crypto pada bulan Mei 2022 lalu.

Diberitakan dari banyak sumber, peningkatan Shanghai dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2023.


Rerefensi: