Biaya Transaksi Ethereum L2 Anjlok Drastis Setelah Upgrade Dencun, Apa Rahasianya?

author:

Biaya Transaksi Ethereum L2 Anjlok Drastis Setelah Upgrade Dencun, Apa Rahasianya?

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan penurunan dramatis biaya transaksi di jaringan Ethereum Layer 2 (L2) pasca-upgrade Dencun.

Upgrade yang fokus pada skalabilitas ini telah berhasil mengurangi biaya transaksi hingga 99% di beberapa protokol, menandai salah satu peningkatan terbesar sejak Merge.

Mari kita telusuri lebih dalam bagaimana upgrade ini mengubah landskap Ethereum L2.

Penurunan Drastis Biaya Gas

Sejak implementasi upgrade Dencun pada 13 Maret 2024, protokol L2 berbasis Ethereum seperti Starknet telah mencatat penurunan biaya gas hingga 99%. Biaya gas yang sebelumnya lebih dari $6 kini turun menjadi hanya $0,04.

Baca juga: Dencun, Upgrade Ethereum yang Sangat Dinanti, Telah Hadir!

Biaya transaksi rata-rata L2. Sumber: Dune

Penurunan serupa juga terjadi di platform L2 lainnya seperti Optimism, Base, dan Zora OP mainnet, dengan biaya transaksi rata-rata turun menjadi sekitar $0,05 hingga $0,5.

Penurunan ini merupakan hasil langsung dari pengenalan ‘blobs’, sebuah tipe data transaksi baru yang memungkinkan publikasi informasi di Ethereum mainnet dengan cara yang lebih efisien. Ini menggantikan metode “call data” tradisional, memungkinkan transaksi lebih cepat dengan biaya lebih rendah.

Dampak Upgrade Dencun

Sumber: X

Upgrade Dencun memperkenalkan sembilan Ethereum Improvement Proposals (EIPs), dengan EIP-4844 memperkenalkan blobs. Upgrade ini, yang memakan waktu dua tahun dalam pembuatannya, dianggap sebagai fork terkompleks sejak Merge.

Tim Beiko dari Ethereum Foundation menyebutnya sebagai salah satu fork dengan EIP terbanyak.

Dengan fokus utama pada skalabilitas dan pengurangan biaya gas, upgrade ini telah membantu berbagai platform L2 memangkas biaya transaksi secara signifikan.

Meskipun beberapa ahli percaya bahwa Dencun mungkin hanya solusi sementara, dampak awalnya terhadap pengurangan biaya transaksi tidak dapat diabaikan.

Baca juga: Gnosis Chain Luncurkan ‘Blobs’ Sebelum Upgrade Dencun Ethereum!

Masa Depan Biaya Transaksi L2

Meskipun penurunan biaya transaksi saat ini sangat signifikan, ada prediksi bahwa biaya di jaringan L2 yang menggunakan blobs mungkin akan meningkat di masa depan.

Seiring bertambahnya jumlah rollup yang menggunakan blobs, persaingan untuk ruang blob diperkirakan akan meningkat, yang dapat menyebabkan biaya transaksi yang lebih tinggi.

Namun, untuk saat ini, komunitas crypto dapat menikmati biaya transaksi yang lebih rendah, memungkinkan adopsi yang lebih luas dan pengalaman pengguna yang lebih baik di jaringan Ethereum L2.

Upgrade Dencun telah membuka jalan baru untuk peningkatan skalabilitas dan efisiensi di ekosistem Ethereum.

Dengan penurunan biaya transaksi yang dramatis ini, Ethereum L2 menawarkan prospek yang lebih cerah bagi pengembang dan pengguna. Upgrade Dencun telah membuktikan dirinya sebagai langkah penting dalam evolusi jaringan Ethereum, menjanjikan masa depan yang lebih skalabel dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto Briefing