Ethereum Kembali Inflasi: Apa yang Terjadi dengan Raksasa Crypto Ini?

Ethereum Kembali Inflasi: Apa yang Terjadi dengan Raksasa Crypto Ini?

Ethereum, salah satu mata uang crypto terbesar, menghadapi tantangan baru dengan statusnya yang kembali menjadi inflasi.

Meskipun EIP 1559 sebelumnya telah mengubah dinamikanya, apa yang menyebabkan perubahan ini?

Dinamika Baru Ethereum

Dinamika Baru Ethereum
Ultrasound Money

Setelah aktivasi EIP 1559, Ethereum menjadi deflasi dengan jumlah token yang dikeluarkan lebih sedikit daripada yang dibakar. Namun, aktivitas on-chain yang rendah telah mengakhiri status deflasi ini.

Dalam 30 hari terakhir, Ethereum mencatat peningkatan bersih dalam jumlah koin yang beredar. Sebanyak 63.490 ETH dibakar, sementara 65.548 ETH dikeluarkan, menambahkan 2.058 koin baru ke pasokan Ethereum.

Penurunan aktivitas on-chain dan biaya gas fee rendah menunjukkan bahwa Ethereum menghadapi tantangan dalam mempertahankan status deflasinya.

Pengaruh MEV Bots pada Ethereum

Pengaruh MEV Bots pada Ethereum
IntoTheBlock

Di tengah kinerja apatis dari aktor on-chain, MEV bot menjadi pengeluar gas Ethereum yang paling produktif.

Jared From Subway, operator bot MEV, telah membayar lebih dari $70 juta dalam biaya gas sejak peluncurannya pada Februari 2023.

Selama periode kinerja pasar yang lambat, bot MEV Ethereum mungkin bertanggung jawab atas 80-90% dari volume perdagangan DEX teratas.

Kenaikan bot MEV sebagai pengeluar gas utama menyoroti kebutuhan Ethereum untuk menemukan keseimbangan antara keamanan jaringan, desentralisasi, dan kemudahan penggunaan.

Paragraf Penutup

Dengan perubahan dinamika di Ethereum, komunitas crypto menunggu untuk melihat bagaimana jaringan ini akan beradaptasi. Meskipun ada tantangan, Ethereum tetap menjadi salah satu pemain utama di ruang crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: