Ethereum Foundation Baru Saja Menjual ETH Senilai $2,76 Juta, Bagaimana Dampaknya?

author:

Ethereum Foundation Baru Saja Menjual ETH Senilai $2,76 Juta, Bagaimana Dampaknya?

Dalam sebuah gerakan yang mengejutkan banyak pengamat pasar, Ethereum Foundation baru-baru ini menjual sejumlah besar Ethereum (ETH) sebelum harga mata uang crypto tersebut mengalami penurunan. Apa yang mendorong tindakan ini dan apa dampaknya terhadap pasar?

Konversi Ethereum ke USDC: Fakta di Balik Transaksi

Upgrade Ethereum Shanghai “Shapella”
Sumber: Outlook India

Ethereum Foundation, organisasi nirlaba yang bertanggung jawab atas pengembangan Ethereum, baru-baru ini mengkonversi 1.700 ETH senilai $2,76 juta ke stablecoin USDC milik Circle. Transaksi ini dilaporkan oleh firma analitik crypto Scopescan, yang menunjukkan bahwa konversi dilakukan melalui platform Uniswap.

Baca juga: Dolar AS Runtuh, Mata Uang Crypto BTC, ETH, dan XRP Siap Naik Tahta!

Pada April 2022, Foundation mengungkapkan bahwa mereka memiliki sekitar 395.000 ETH, yang mewakili 0,297% dari total pasokan Ethereum pada Q1 2022. Selama tahun keuangan 2021, Foundation menghabiskan total $48 juta untuk penelitian, pengembangan, dan hibah untuk pengembang yang bekerja pada Ethereum.

Data terbaru menunjukkan bahwa organisasi saat ini memiliki 316.488 ETH senilai $502,7 juta. Namun, Foundation belum memberikan komentar resmi mengenai transaksi terbaru ini.

Dampak Penjualan Ethereum Foundation terhadap Harga ETH

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, ketika Foundation memindahkan token mereka ke bursa crypto, hal ini diikuti oleh penurunan harga Ethereum. Sebagai contoh, pada 6 Mei 2023, Ethereum Foundation mentransfer hampir 15.000 ETH senilai $28,5 juta ke bursa crypto Kraken.

Setelah transaksi tersebut, harga Ethereum turun dari $1.900 menjadi lebih rendah dalam beberapa bulan berikutnya. Hal serupa terjadi pada November 2021 dan Mei 2021, di mana penjualan besar-besaran oleh Foundation diikuti oleh penurunan harga Ethereum.

Meskipun jumlah ETH yang dijual baru-baru ini relatif lebih kecil, yakni $2,76 juta, harga Ethereum saat ini diperdagangkan pada $1.595, turun 1,6% dari hari sebelumnya.

Baca juga: Pasokan ETH Naik 47 Juta dalam 30 Hari, Apa yang Bisa Diharapkan?

Spekulasi dan Reaksi Pasar

Penjualan oleh Ethereum Foundation sering menjadi dasar untuk ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan (FUD) di komunitas. Kritikus sering mengaitkan penjualan ini dengan kurangnya kepercayaan terhadap protokol.

Selain penjualan langsung dari Ethereum Foundation, pemimpin komunitas, termasuk salah satu pendirinya, Vitalik Buterin, juga dikenal telah menjual jumlah Ethereum yang besar untuk alasan yang tidak diungkapkan.

Meskipun banyak yang percaya bahwa penjualan terbaru mungkin memiliki dampak terhadap harga Ethereum, belum ada efek signifikan yang diamati hingga saat berita ini diterbitkan.

Sementara spekulasi terus berlanjut mengenai alasan di balik penjualan besar-besaran oleh Ethereum Foundation, satu hal yang pasti adalah bahwa tindakan ini telah menarik perhatian besar dari komunitas crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: