Setelah Shanghai, Tim Pengembang Ethereum akan Fokus pada Upgrade Cancun

author:

Setelah Shanghai, Tim Pengembang Ethereum akan Fokus pada Upgrade Cancun

Setelah melakukan upgrade Shanghai pada 12 April 2023 lalu, Blockworks (28/4/23) melaporkan bahwa peningkatan ‘Cancun’ pada lapisan eksekusi Ethereum mulai terbentuk dengan EIP-4844. Dikenal sebagai proto-danksharding, peningkatan ini menjadi prioritas tertinggi dan diharapkan akan selesai akhir tahun 2023.

Kira-kira, akan seperti apa upgrade dari pengembang Ethereum selanjutnya?

Tim Pengembang Persiapkan Upgrade Cancun

Setelah komunitas pengembang Ethereum disibukkan dengan peningkatan Shanghai-Capella (Shapella) yang sudah dilakukan sejak lebih dari dua minggu yang lalu. Kini, mereka telah mengalihkan perhatiannya untuk merencanakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Mengutip laporan Blockworks, pada Kamis (27/4/23) tim pengembang Ethereum telah melalukan sebuah panggilan dan menyatakan bahwa upgrade yang dikenal sebagai Cancun-Deneb, disingkat menjadi “Dencun”, akan fokus pada fitur penting untuk keberhasilan peta jalan yang berpusat pada rollup jaringan: proto-danksharding, nama panggilan untuk Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4844.

Lebih lanjut, proto-danksharding akan memperkenalkan jenis transaksi baru, yakni “blob-carrying transaction”, mekanisme penyimpanan data sementara yang diharapkan dapat mengurangi biaya transaksi bagi pengguna pada rollup layer-2 termasuk Optimisme dan Arbitrum, dengan urutan yang sangat besar.

Selama panggilan tersebut, para pengembang Ethereum mengumumkan bahwa devnet multi-klien kelima untuk menguji EIP-4844 akan diluncurkan pada minggu berikutnya, seperti yang dikatakan oleh Christine Kim, wakil presiden penelitian di Galaxy Digital. Sebagai catatan lain, sebelumnya , EIP-4844 telah diuji pada empat devnet lainnya.

Baca juga: Cambridge Luncurkan CBNSI, Pelacak Konsumsi Daya untuk Bitcoin dan Ethereum?

Péter Szilágyi, selaku pemimpin tim di Ethereum Foundation, menyimpulkan pandangan menyeluruh di ruang Zoom dengan mengatakan, “Saya merasa bahwa 4844 harus menjadi hal yang menjadi fokus semua orang, dan sisanya akan berupa ‘baik untuk dimiliki’.”

Pertanyaannya, apa yang akan dimasukkan ke Cancun selain 4844?

EIP-6780 akan Diikutsertakan dalam Cancun

ethereum cancun
TheBlock.co

Menurut laporan Blockworks, peningkatan atau serangkaian upgrade di masa depan akan mengalihkan tanggung jawab untuk menyimpan status penuh blockchain ke “node pengarsipan” yang lebih khusus, memungkinkan kumpulan node penuh yang jauh lebih besar untuk menyimpan lebih sedikit. Hal ini dinilai akan mempermudah siapa saja untuk menjalankan sebuah node, sehingga memajukan tujuan desentralisasi jaringan.

Untuk saat ini, prekursor EIP-6780 telah disetujui untuk diikutsertakan di Cancun oleh semua tim klien. Lebih lanjut, moderator panggilan dan koordinator proyek Tim Beiko, yang merupakan staf non-eksekutif di Ethereum Foundation, mencatat bahwa auditor eksternal telah dipekerjakan untuk memastikan, apakah smart contract yang saat ini digunakan dengan menggunakan data on-chain dapat dirusak oleh perubahan tersebut atau tidak.

Untuk mengetahui jawabannya, diperlukan waktu kurang lebih satu bulan, ucap Tim Beiko.

Selain disibukkan dengan rencana upgrade selanjutnya, di tahun 2024 mendatang, Ethereum juga telah diketahui memiliki event penting, sebuah acara yang ditujukan bagi para developer Ethereum, penggemar blockchain, dan pengusaha yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang jaringan Ethereum dan potensi aplikasinya.

Penasaran dengan rangkaian acaranya? Cari tahu jawabannya di Siap-siap! Ethereum Devcon VII 2024 akan Digelar di Asia Tenggara, Indonesia Jadi Kandidat?


Referensi: