TD Cowen Memperkirakan ETF Ethereum Spot akan Disetujui Pada Akhir 2025 atau Awal 2026

author:

TD Cowen Memperkirakan ETF Ethereum Spot akan Disetujui Pada Akhir 2025 atau Awal 2026

Cryptocurrency Ethereum (ETH) menjadi salah satu aset digital yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Namun, hingga saat ini belum ada bursa efek di Amerika Serikat yang menawarkan spot Ethereum exchange-traded fund (ETF).

Hal ini membuat banyak investor bertanya-tanya kapan Ethereum ETF spot akan disetujui.

Penantian Panjang Spot Ethereum ETF

Menurut TD Cowen, sebuah bank investasi terkemuka di Amerika Serikat, Ethereum ETF spot kemungkinan besar tidak akan disetujui hingga akhir tahun 2025 atau awal tahun 2026. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah sikap politik dari Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC), Gary Gensler.

Baca juga: Ethereum (ETH) Membutuhkan 3 Faktor Penting Ini untuk Memicu Pertumbuhan!

Gensler dikenal sebagai sosok yang berhati-hati dalam menyetujui produk investasi baru, termasuk cryptocurrency. Ia khawatir bahwa spot Ethereum ETF dapat menimbulkan risiko bagi investor ritel.

Selain itu, Gensler juga menghadapi tekanan dari anggota parlemen Demokrat yang menentang cryptocurrency.

Sikap Politik Gary Gensler

gary gensler
Sumber: Forbes

TD Cowen berpendapat bahwa Gensler tidak akan menyetujui Ethereum ETF spot pada tahun 2024 karena ia membutuhkan dukungan dari anggota parlemen Demokrat untuk memajukan agendanya.

Jika Gensler menyetujui Ethereum ETF spot, ia dapat membuat marah anggota parlemen Demokrat yang menentang cryptocurrency. Selain itu, Gensler juga mungkin sedang mengincar posisi lain di pemerintahan, seperti Menteri Keuangan.

Jika ia ingin mendapatkan posisi tersebut, ia harus menjaga hubungan baik dengan anggota parlemen Demokrat. Oleh karena itu, Gensler tidak akan mengambil risiko dengan menyetujui Ethereum ETF spot.

Baca juga: Volume Perdagangan Opsi Ethereum Pecahkan Rekor, Sinyal Bullish Mengintai?

Perkembangan Terbaru Ethereum ETF

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari selusin perusahaan yang mengajukan permohonan untuk meluncurkan Ethereum ETF spot. Beberapa perusahaan tersebut termasuk BlackRock, Fidelity, dan Grayscale Investments.

Namun, SEC belum menyetujui satupun permohonan tersebut. SEC memiliki waktu hingga 23 Mei 2024 untuk membuat keputusan tentang permohonan Ethereum ETF spot dari VanEck. Jika SEC tidak menyetujui permohonan tersebut, maka VanEck dapat mengajukan gugatan hukum. Proses hukum ini dapat memakan waktu hingga satu atau dua tahun.

Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, TD Cowen memperkirakan bahwa Ethereum ETF spot tidak akan disetujui hingga akhir tahun 2025 atau awal tahun 2026. Hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi para investor yang berharap untuk dapat berinvestasi di Ethereum ETF spot dalam waktu dekat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: