Ethereum Menuju Revolusi Akun dengan Standar ERC-4337 dan RIP-7560!

author:

Ethereum Menuju Revolusi Akun dengan Standar ERC-4337 dan RIP-7560!

Jakarta, Pintu News – Ethereum, platform blockchain terkemuka, tengah bersiap untuk melakukan perubahan besar dalam sistem akunnya.

Pengembang Ethereum, Yoav Weiss, baru-baru ini memperkenalkan standar ERC-4337 yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi smart contract dan aplikasi terdesentralisasi (dApps) di jaringan Ethereum.

Lebih lanjut, standar ini memperkenalkan dompet kripto smart contract, yang memungkinkan aset dikendalikan melalui smart contract alih-alih akun milik eksternal (EOA).

ERC-4337: Standar Baru untuk Dompet Kripto Smart Contract

Sumber: X

ERC-4337 merupakan standar baru yang dirancang untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi dompet kripto smart contract di jaringan Ethereum.

Baca juga: Canggih! Vodafone Integrasikan Dompet Crypto ke Kartu SIM

Standar ini memungkinkan pengguna untuk mengelola aset kripto mereka melalui smart contract, yang memberikan kontrol lebih besar dan fleksibilitas dalam mengelola aset.

Selain itu, ERC-4337 memperkenalkan konsep UserOperation, yang bertindak sebagai pseudo-transaksi yang disimpan dalam alt mempool hingga dikonfirmasi. Hal ini memungkinkan operasi menjadi lebih efisien dan mudah bagi pengguna.

RIP-7560: Abstraksi Akun Asli untuk Jaringan L2

Sebagai tindak lanjut dari ERC-4337, Ethereum juga memperkenalkan Rollup Improvement Proposals (RIPs), dengan RIP-7560 sebagai salah satu yang paling signifikan.

RIP-7560 bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai implementasi abstraksi akun (AA) kustom yang ditemukan di berbagai solusi Layer 2 (L2). Dengan menggabungkan AA asli pada jaringan L2, efisiensi jaringan secara keseluruhan dan pengalaman pengguna akan meningkat.

Selain itu, RIP-7560 akan tetap kompatibel dengan Layer 1 (L1) Ethereum, memungkinkan pendekatan migrasi yang konsisten di seluruh jaringan.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Fakta Mengejutkan tentang Ethereum PoW!

Visi Vitalik Buterin untuk Peningkatan Akun Ethereum

vitalik pindahkan eth ke coinbase
Sumber: VOI

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, telah menguraikan empat tujuan utama untuk pengembangan sistem akun Ethereum di masa mendatang.

Tujuan-tujuan tersebut meliputi rotasi dan penghentian kunci, ketahanan kuantum, kemampuan batching, dan dukungan transaksi yang disponsori. Buterin berpendapat bahwa model EOA saat ini memiliki keterbatasan dan kendala, sehingga perlu beralih ke akun smart contract (SCA) yang menawarkan keamanan dan fungsionalitas yang lebih baik.

Secara keseluruhan, Ethereum sedang bergerak maju dengan rencana ambisius untuk meningkatkan sistem akunnya. Standar ERC-4337 dan RIP-7560 merupakan langkah awal yang penting dalam mewujudkan visi Ethereum untuk menjadi platform yang lebih efisien, aman, dan ramah pengguna.

Dengan kolaborasi antara pengembang inti L1, pengembang L2, dan komunitas yang lebih luas, Ethereum siap untuk memasuki babak baru dalam evolusinya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto News