Jaringan Ethereum Menyumbang Lebih dari 90% dalam Pendapatan Layer 1 di Q3 Tahun Ini

author:

Jaringan Ethereum Menyumbang Lebih dari 90% dalam Pendapatan Layer 1 di Q3 Tahun Ini

Dalam dunia crypto yang terus berinovasi, Ethereum kembali menunjukkan dominasinya. Sebuah studi terbaru dari Messari mengungkapkan bahwa jaringan Ethereum telah menguasai lebih dari 90% pendapatan di pasar Layer-1 selama kuartal ketiga tahun ini, sebuah pencapaian yang menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar.

Dominasi Ethereum

Data studi terbaru Messari menunjukkan bahwa meskipun pendapatan kuartal ketiga (Q3) jaringan Ethereum turun 47,3% dari kuartal ke kuartal (QoQ), jaringan ini masih menyumbang hampir 91% dari total pendapatan yang dihasilkan oleh protokol Layer-1 (L1).

Baca juga: Susul BlackRock, Fidelity Ajukan Permohonan untuk ETF Ethereum!

Data tersebut juga menunjukkan jaringan Avalanche (58,1%) dan Polygon (55,6%) sebagai satu-satunya L1 lain yang mengalami penurunan pendapatan lebih curam daripada jaringan Ethereum.

jaringan ethereum layer-1
Sumber: Messari

Menurut laporan Messari, total pendapatan yang dihasilkan oleh 17 L1 yang diperiksa adalah 46,7% lebih rendah atau $491,5 juta lebih sedikit. Selama periode yang sama, kapitalisasi pasar semua L1 juga turun 9,8% untuk menutup kuartal ini sebesar $272,6 miliar. Dominasi jaringan Ethereum pada periode tersebut sebagian besar tidak berubah,

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh data, jaringan Aptos dan NEAR memiliki nasib yang lebih baik pada kuartal tersebut daripada L1 lainnya. Data menunjukkan bahwa pada periode tersebut, pendapatan jaringan Aptos 160% lebih tinggi daripada kuartal sebelumnya. Lonjakan pendapatan ini disebabkan oleh integrasi protokol dengan platform media sosial Chingari pada awal Juli lalu.

Di sisi lain, peluncuran platform layar kunci berbasis kecerdasan buatan (AI) Kaikainow dikatakan telah mendorong “tingkat pertumbuhan pendapatan tertinggi kedua di jaringan NEAR sebesar 56%.”

Solana Memiliki Jumlah Transaksi Harian Rata-Rata Terbanyak

alasan dibalik kenaikan solana
Sumber: Crypto News

Dalam hal jumlah transaksi harian rata-rata (ADT), Solana memiliki jumlah terbanyak dengan 24,7 juta diikuti oleh WAX dengan 17 juta. BNB Chain menempati posisi ketiga dengan 3,5 juta ADT sementara 2,3 juta ADT milik Polygon cukup untuk menempati posisi keempat.

Meskipun menyumbang sebagian besar pendapatan, throughput transaksi jaringan Ethereum sebesar satu juta per hari hanya cukup untuk menempati posisi kelima.

Seperti yang ditunjukkan oleh data, SKALE mengalami pertumbuhan terbesar (241%) dalam jumlah transaksi pada periode tersebut, sementara NEAR memiliki peningkatan alamat aktif harian terbesar sebesar 346%.

Sehubungan dengan total nilai yang dikunci (TVL) dalam keuangan terdesentralisasi, data menunjukkan bahwa ini turun 16,4% menjadi $ 31,9 miliar. Dari total ini, jaringan Ethereum menyumbang 82,4%.

Baca juga: Laporan: Volume ETP Crypto Melonjak 91%!

Tantangan dan Peluang ke Depan

Meskipun pencapaian Ethereum mengesankan, tantangan tetap ada. Persaingan di pasar Layer-1 semakin ketat dengan munculnya berbagai blockchain baru yang menawarkan solusi yang lebih cepat dan lebih efisien. Ethereum harus terus berinovasi dan meningkatkan platformnya untuk mempertahankan posisi dominannya.

Dengan transisi ke Ethereum 2.0 dan peningkatan lainnya, Ethereum berada di posisi yang baik untuk memanfaatkan tren pasar dan kebutuhan pengguna. Ini termasuk peningkatan skalabilitas, kecepatan transaksi, dan pengurangan biaya gas, yang semua akan membantu Ethereum mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar.

Pada akhirnya, dominasi Ethereum di pasar Layer-1 merupakan bukti dari kekuatan dan inovasi yang terus-menerus di ruang crypto. Dengan tantangan dan peluang yang ada, Ethereum diharapkan akan terus memimpin dan membentuk masa depan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: