Ethereum Senilai Rp300 Triliun Diamankan di Platform Liquid Staking, Apa Saja?

author:

Ethereum Senilai Rp300 Triliun Diamankan di Platform Liquid Staking, Apa Saja?

Berdasarkan data terbaru, lebih dari sepuluh juta Ethereum (ETH) kini diamankan dalam platform derivatif liquid staking, dengan valuasi mendekati $20 miliar atau setara dengan Rp300 triliun pada kurs pertukaran saat ini.

Dua protokol keuangan desentralisasi (DeFi) liquid staking terkemuka, Lido Finance dan Rocket Pool, mengalami tingkat pertumbuhan 30 hari mulai dari 7,57% hingga 9,69%. Simak lebih lanjut, yuk!

Platform Derivatif Liquid Staking Ethereum Mendekati Valuasi $20 Miliar

Pada 2 Juli 2023, lebih dari sepuluh juta Ethereum (ETH) terkunci di platform DeFi liquid staking. Saat pelaporan, sekitar 10,11 juta ETH terkunci, dengan nilai $19,456 miliar menggunakan kurs pertukaran hari ini.

Lido, protokol derivatif liquid staking peringkat teratas, mengklaim pangsa pasar yang luar biasa sebesar 74,51% karena memegang sekitar 7,530,330 Ether pada Minggu pagi, menurut defillama.com.

tvl liquid staking ethereum
Nilai total terkunci dalam platform derivatif liquid staking berbasis Ethereum pada tanggal 2 Juli 2023, menurut defillama.com.

Selama minggu lalu, total nilai terkunci (TVL) Lido naik 1,90%, sementara tingkat pertumbuhan bulanannya mencapai 7,57%. TVL aplikasi DeFi saat ini berada di $14,43 miliar. Sementara itu, platform DeFi Wrapped Ether dari Coinbase mengalami peningkatan TVL tujuh hari sebesar 3,27%, meskipun mengalami penurunan sedikit sebesar 0,24% selama sebulan. Saat ini, platform derivatif liquid staking Coinbase mengamankan sekitar 1,124,130 Ether senilai $2,24 miliar.

Baca juga: Whale Ethereum Terbesar Terus Akumulasi ETH: Apa Artinya Bagi Investor ETH?

Sementara itu, Rocket Pool, protokol liquid staking terbesar ketiga, melihat pertumbuhan tujuh hari yang moderat sekitar 0,99%. Namun, kinerja 30 hari menunjukkan peningkatan yang lebih substansial sebesar 9,69%. Pada Minggu pagi, kepemilikan Rocket Pool mencapai sekitar 803,406 Ether dengan nilai $1,54 miliar.

Peningkatan Minat dalam Staking Cair dan Dampaknya pada Pasar Ethereum

batas validator ethereum

Sebaliknya, aplikasi DeFi Frax Ether melaporkan kenaikan mingguan sebesar 1,96% dan pertumbuhan bulanan hanya 0,81%, dengan kontrol atas 234,062 ETH. Terakhir, Stakewise, platform derivatif liquid staking kelima terbesar, mencatat kenaikan marjinal 0,31% selama minggu lalu dan peningkatan Juni sebesar 1,10%.

Dari 10,11 juta Ether yang di-stake, total 22 platform derivatif staking cair ada. Lima token derivatif liquid staking teratas memiliki perbedaan harga peg-ETH antara 0,08% dan 0,53%, seperti yang tercatat pada Minggu pagi. Dengan cache liquid staking yang mengesankan dari Lido, token Lido staked ether (STETH) kini berada di peringkat tujuh kapitalisasi pasar terbesar di industri saat ini.

Baca juga: Ethereum Sukses Menembus Batas Rp28 Juta! Harga ETH Akan Terus Naik?

Peningkatan minat dalam liquid staking dan pertumbuhan signifikan dalam jumlah Ethereum yang terkunci menunjukkan adopsi yang semakin meningkat terhadap teknologi blockchain dan DeFi. Ini juga menunjukkan bagaimana Ethereum terus memainkan peran penting dalam ekosistem defi dan bagaimana platform seperti Lido dan Rocket Pool dapat memanfaatkan teknologi ini untuk memberikan solusi inovatif dan menguntungkan bagi pengguna.

Dengan lebih dari 10 juta Ethereum kini diamankan dalam platform derivatif liquid staking, ini menunjukkan bagaimana DeFi dan teknologi blockchain terus berkembang dan memberikan peluang baru bagi investor dan pengguna.

Meskipun masih ada tantangan yang harus diatasi, pertumbuhan yang signifikan ini menunjukkan potensi besar dari teknologi ini dan bagaimana itu dapat membentuk masa depan keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: