Ethereum Classic (ETC): Menghadapi Tantangan Selama Crypto Winter, Gimana Potensinya di Akhir 2023?

Ethereum Classic (ETC): Menghadapi Tantangan Selama Crypto Winter, Gimana Potensinya di Akhir 2023?

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, Ethereum Classic (ETC) menjadi topik hangat. Meski mengalami tantangan berat selama crypto winter, pertanyaan yang muncul adalah apakah ETC masih layak untuk diperdagangkan atau diinvestasikan menjelang akhir 2023? Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETC: Altcoin dengan Potensi yang Belum Terungkap

Ethereum Classic (ETC) adalah salah satu dari sedikit koin yang berasal dari jaringan Proof-of-Stake (PoS). Keunikan ini, ditambah dengan afiliasinya dengan Ethereum, salah satu jaringan blockchain paling populer di dunia, bisa mendorong banyak orang untuk mengumpulkan ETC di masa depan.

Namun, pada saat ini, permintaan yang kuat untuk ETC masih belum terlihat. Crypto ini telah mengalami penurunan sejak awal 2023, mengikuti tren yang sama seperti tahun sebelumnya.

Meski demikian, aksi harga ETC menunjukkan bahwa kita mungkin akan melihat para banteng mencoba menantang beruang dari level harga saat ini. ETC diperdagangkan pada $14,94 pada saat penulisan, masih berada dalam kisaran rendah yang bertindak sebagai dukungan jangka panjang.

Baca Juga: Apakah Lonjakan Pasokan Ethereum Menandakan Masa Depan yang Cerah? Ini Jawabannya!

ETC: Masa Depan yang Belum Pasti

Meski dukungan ini telah diuji beberapa kali di masa lalu, menunjukkan kemungkinan harga bisa memantul kembali dari level yang sama untuk reli jangka pendek berikutnya, namun masih ada keraguan.

Sentimen Berbobot menunjukkan beberapa peningkatan dari level harga terendah sejak awal Oktober, tetapi juga menyoroti kurangnya minat yang kuat. Metrik Volume ETC juga mencerminkan kurangnya antusiasme dalam crypto ini.

Pengamatan on-chain saat ini menunjukkan bahwa Volume turun ke titik terendah dalam empat minggu. Di sisi lain, Binance Funding Rate kembali ke sisi positif, menunjukkan bahwa permintaan ETC tumbuh di pasar derivatif.

Baca Juga: Charles Hoskinson, Pendiri Cardano, Membela Proyeknya dan Menanggapi Rumor Ethereum!

Bagaimana Masa Depan ETC?

ethereum classic
Sumber: Investor Place

Meski tingkat pendanaan positif mungkin menunjukkan permintaan yang pulih, jelas bahwa permintaan spot masih cukup rendah pada saat penulisan. Sehingga, ada kemungkinan aksi harga jangka pendek mungkin tetap bearish. Namun, dengan segala potensi dan tantangannya, ETC tetap menjadi altcoin yang menarik untuk diperhatikan.

Dalam dunia crypto yang penuh dengan ketidakpastian, Ethereum Classic (ETC) tetap menjadi topik yang menarik untuk disimak. Meski menghadapi tantangan, potensi yang dimilikinya tidak bisa diabaikan. Apakah kamu siap untuk terjun ke dunia Ethereum Classic?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: