Ethereum dan Bitcoin Meroket ke Level Tertinggi, Bagaimana Prediksi Harga Selanjutnya?

author:

Ethereum dan Bitcoin Meroket ke Level Tertinggi, Bagaimana Prediksi Harga Selanjutnya?

Harga Bitcoin dan Ethereum melonjak ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir, masing-masing menyentuh $57.000 dan $3.200.

Kenaikan ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk pembelian institusional, optimisme ETF Bitcoin, dan peningkatan volume perdagangan ETF Bitcoin spot. Bahas lebih lanjut, yuk!

Pergerakan Harga Bitcoin dan Ethereum

Pada Selasa, 27 Februari 2024, Bitcoin dan Ethereum mengalami kenaikan harga yang signifikan. Bitcoin naik 5,35% menjadi $54.463, sementara itu Ethereum juga tercatat naik 5% menjadi $3.227. Kenaikan ini melanjutkan tren positif yang telah berlangsung sejak awal tahun 2023.

Salah satu faktor yang mendorong kenaikan harga Bitcoin dan Ethereum adalah pembelian institusional.

Baca juga: MicroStrategy Borong 3.000 Bitcoin Lagi, Totalnya Jadi 193.000 BTC!

MicroStrategy, sebuah perusahaan perangkat lunak, baru-baru ini membeli 3.000 Bitcoin senilai $155 juta. Pembelian ini berkontribusi terhadap kenaikan harga Bitcoin sebesar 10% dalam dua sesi perdagangan.

Faktor Pendorong Harga Bitcoin dan Ethereum

Selain itu, optimisme terhadap ETF Bitcoin juga turut mendorong kenaikan harga. SEC (Securities and Exchange Commission) Amerika Serikat telah menyetujui ETF Bitcoin spot, yang memungkinkan investor untuk membeli dan menjual Bitcoin secara langsung melalui bursa saham.

ETF Bitcoin spot pertama, ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO), diluncurkan pada 19 Oktober 2021 dan langsung menarik minat yang besar dari investor.

Faktor lain yang mendukung kenaikan harga Bitcoin dan Ethereum adalah peningkatan volume perdagangan ETF Bitcoin spot. Pada hari 27 Februari, volume perdagangan ETF Bitcoin spot mencapai $2,4 miliar, tertinggi sejak peluncuran ETF Bitcoin spot pertama.

Kenaikan volume perdagangan ini menunjukkan meningkatnya minat investor institusional terhadap Bitcoin dan Ethereum.

Baca juga: CEO Galaxy Digital Mike Novogratz Mengungkapkan ETF akan Mengubah Permainan Bitcoin!

Analisa dan Prediksi Harga Bitcoin: Siap Menuju $60.000

Sumber: Trading View

Dilansir dari FX Empire, BTC tengah berada di atas EMA 50 hari dan 200 hari, menegaskan sinyal harga bullish. Penembusan BTC di atas level resistance $57.000 akan mendukung pergerakan menuju $60.000.

Selain itu, data aliran pasar ETF spot BTC tetap menjadi titik fokus. Namun, penurunan di bawah level $55.000 akan membuat level support $53.000 mulai berlaku.

Pembacaan RSI 14-hari, 80,05, menunjukkan BTC di wilayah overbought. Tekanan jual dapat meningkat pada level resistance $57.000.

Analisa dan Prediksi Harga Ethereum: Siap Menyentuh $4.000

analisa ethereum
Sumber: Trading View

Sementara itu, Ethereum juga diperkirakan akan melanjutkan kenaikan harganya. Ethereum saat ini berada di atas level support $3.200 dan resistance $3.500.

Jika Ethereum berhasil menembus level resistance $3.500, maka harga diperkirakan akan naik menuju $4.000.

Tercatat di laporan FX Empire, RSI Harian 14 periode di 81,79 menunjukkan ETH di wilayah overbought. Tekanan jual dapat meningkat pada level tertinggi pada Selasa pagi di $3,276.

Secara keseluruhan, kenaikan harga Bitcoin dan Ethereum didorong oleh beberapa faktor, termasuk pembelian institusional, optimisme ETF Bitcoin, dan peningkatan volume perdagangan ETF Bitcoin spot.

Berdasarkan analisis teknikal, harga Bitcoin dan Ethereum diperkirakan akan terus naik dalam jangka pendek.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: