Siap-siap! Ethereum Berencana Meluncurkan Testnet Holesky Bulan Depan

author:

Siap-siap! Ethereum Berencana Meluncurkan Testnet Holesky Bulan Depan

Ethereum, platform blockchain terkemuka, akan menggantikan testnet Goerli dengan testnet Holesky. Klien Ethereum, Nethermind, telah merilis pembaruan v1.20.2 untuk mendukung peluncuran testnet baru ini. Lebih lanjut, keputusan ini menandai langkah signifikan dalam evolusi Ethereum, terutama dalam konteks staking, infrastruktur, dan pengembangan protokol.

Mengapa Holesky Menggantikan Goerli?

testnet ethereum holesky
Sumber: Twitter

Menurut cuitan akun Twitter Nethermind pada 30 Agustus 2023, Holesky dijadwalkan untuk diluncurkan pada 15 September 2023, pukul 14:00 UTC, dan akan menggantikan Goerli sebagai platform utama untuk staking, infrastruktur, dan pengembangan protokol Ethereum.

Baca juga: Ethereum Siap Luncurkan Testnet Baru “Holesky”, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Menurut para pengembang Ethereum, Holesky adalah testnet publik pertama yang “digabungkan dari genesis” dan dirancang untuk jangka panjang. Tim Beiko, pengembang inti Ethereum, menyatakan bahwa Goerli akan ditutup karena penggunaan oleh pengembang aplikasi telah meningkat secara eksponensial, membuatnya kurang andal untuk upgrade masa depan.

Mengutip laporan Coingape, dalam Pertemuan Lapisan Eksekusi baru-baru ini, pengembang inti mengungkapkan beberapa pembaruan pengujian dari Devnet-8 dan testnet Holesky.

Devnet-8 adalah jaringan pengujian untuk peningkatan Cancun Setelah peningkatan Shanghai, tim Ethereum sedang mengerjakan peningkatan Cancun, membawa abstraksi akun, meningkatkan penskalaan, dan meningkatkan efektivitas penyimpanan.

Nethermind dan Dukungannya untuk Holesky

ethereum testnet holesky
Sumber: Coin Live

Nethermind, salah satu klien Ethereum terkemuka, telah merilis versi baru, v1.20.2, yang siap mendukung testnet Holesky. Nethermind adalah klien Ethereum open-source yang ditulis dalam .NET Core dan mendukung semua fitur utama Ethereum seperti kontrak pintar, EVM, dan lain-lain.

Dengan pembaruan ini, Nethermind memastikan bahwa pengguna dan pengembangnya dapat dengan mulus mengakses dan berinteraksi dengan jaringan testnet Holesky. Selain itu, pembaruan ini juga memungkinkan Nethermind untuk menguji dan mengoptimalkan fitur dan kinerjanya di lingkungan testnet baru.

Baca juga: Vitalik Buterin Pindahkan 3.000 ETH Senilai $5 Juta, Apa Arti Transaksi Ini?

Dampak Jangka Panjang dari Transisi ke Holesky

Selanjutnya, transisi ke Holesky tidak hanya penting untuk Ethereum tetapi juga untuk seluruh ekosistem blockchain. Holesky akan menjadi testnet pertama yang mengimplementasikan hard fork Shanghai, memperkenalkan beberapa EIP untuk meningkatkan jaringan Ethereum.

Hal ini akan memungkinkan pengembang untuk lebih efisien dalam menguji dan mengimplementasikan fitur baru, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja dan keamanan seluruh jaringan.

Pada akhirnya, peluncuran testnet Holesky adalah langkah penting dalam evolusi Ethereum. Dengan dukungan dari klien seperti Nethermind, transisi ini diharapkan akan berjalan lancar dan membuka peluang baru untuk pengembangan dan inovasi di platform Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: