Ethereum Anjlok, Apakah Ini Akhir Dari Kegemilangan Crypto?

Ethereum Anjlok, Apakah Ini Akhir Dari Kegemilangan Crypto?

Dunia crypto kembali dikejutkan dengan penurunan harga Ethereum yang signifikan, menimbulkan spekulasi dan analisis mendalam dari para ahli. Artikel ini akan menggabungkan wawasan dari dua sumber terkemuka untuk memberikan gambaran yang lebih luas tentang dinamika saat ini dan masa depan Ethereum.

Penurunan Harga Ethereum

Penurunan Harga Ethereum
TradingView

Ethereum, salah satu mata uang crypto terkemuka, mengalami penurunan harga yang cukup drastis, menembus di bawah angka $3.500. Penurunan ini menunjukkan beberapa tanda bearish yang mungkin mengarah pada penurunan lebih lanjut menuju zona dukungan $3.200. Ethereum memulai koreksi downside di bawah zona $3.550, diperdagangkan di bawah $3.550 dan rata-rata pergerakan sederhana 100 jam.

Di sisi lain, terdapat garis tren bearish utama yang terbentuk dengan resistensi di $3.520 pada grafik per jam ETH/USD. Jika Ethereum tetap berada di bawah level resistensi $3.520 dan $3.550, kemungkinan akan melanjutkan penurunannya.

ETF Ethereum dan Spekulasi Pasar

ETF Ethereum dan Spekulasi Pasar

X/@JSeyff

Meskipun terdapat penurunan harga, spekulasi mengenai peluncuran ETF Ethereum spot semakin meningkat. Namun, beberapa ahli crypto berpendapat bahwa mungkin lebih baik jika peluncuran tersebut ditunda.

Matt Hougan dari Bitwise menyarankan bahwa peluncuran ETF Ethereum spot di Desember mungkin akan lebih berhasil dibandingkan dengan Mei, mengingat dunia keuangan tradisional membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna ETF Bitcoin.

Sementara itu, ETF Bitcoin yang diluncurkan di pasar AS pada 11 Januari telah menyerap $12 miliar dalam arus masuk bersih sejak peluncurannya. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada ruang yang cukup besar untuk adopsi crypto ETF Bitcoin oleh dunia keuangan tradisional.

Masa Depan Ethereum dan Crypto

Meskipun terdapat tantangan, masa depan Ethereum dan crypto secara keseluruhan masih menjanjikan. Stabilcoin, misalnya, diprediksi akan menjadi pasar multi-triliun dolar pada akhir 2025. Namun, terdapat beberapa hambatan, termasuk masalah hukum seputar staking dan mata uang crypto proof-of-stake dengan SEC.

Investor mungkin harus menyiapkan diri untuk kemungkinan penundaan lebih lanjut dalam keputusan ETF, terutama mengingat sejarah SEC dalam menunda keputusan semacam ini. Meskipun demikian, optimisme tetap tinggi di antara para pendukung crypto.

Dalam menghadapi fluktuasi pasar dan tantangan regulasi crypto, komunitas crypto terus menunjukkan ketahanan dan inovasi. Ethereum, dengan ekosistemnya yang luas dan aplikasi yang terus berkembang, tetap menjadi salah satu pilar utama dalam industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: