Ethereum: Analis Sebut ETH ‘Koin Sampah’, Sebut ETH Sebagai ‘Peniru Bitcoin’

Ethereum: Analis Sebut ETH ‘Koin Sampah’, Sebut ETH Sebagai ‘Peniru Bitcoin’

Pasar crypto mengalami volatilitas signifikan pada kuartal pertama tahun 2024, dengan banyak mata uang crypto terkemuka seperti Ethereum [ETH] dan Bitcoin [BTC] naik dan turun. Ethereum, khususnya, telah menunjukkan beberapa tanda-tanda yang menjanjikan di luar pergerakan harga, terutama dalam hal pendapatan. Pada saat penulisan, ETH naik 1,71% selama periode 24 jam, dengan altcoin tersebut dihargai $3.334,77.

Sinyal Campuran Ethereum

Namun, jika kita melihat data bulanan, altcoin tersebut telah turun 11,94%, dengan volume perdagangannya juga turun 5,18% pada angka $13,87 miliar. Mengomentari pergerakan bearish selama sebulan dan prospek jangka panjang Ethereum, pedagang terkenal Peter Brandt mencatat, “Saya lelah mengatakannya, tetapi $ETH adalah koin sampah meskipun Etheridiot mengabdi tanpa berpikir.

Baca Juga: Akankah Sentimen Positif WIF Selamatkan Koin Meme Ini dari Kejatuhan Mingguan 28%?

Sebagai penyimpan nilai, itu adalah sampah – peniru $BTC.” Dia lebih lanjut menjelaskan, “Fungsionalitasnya juga sampah – sulit untuk berurusan dengan L2 dan biaya gas yang keterlaluan. Tentu saja itu akan selalu menarik “investor crypto”.

Di sini, perlu dicatat bahwa komentator lain lebih positif tentang Ethereum. JP Morgan, misalnya, mengutip pengurangan kepemilikan Lido di Ethereum sebagai sebuah faktor. Faktanya, Nikolaos Panigirtzoglou percaya penurunan ini dapat menyelamatkan altcoin tersebut dari klasifikasi sebagai sekuritas.

Prospek Positif ETH di Tengah Kritik

peter brandt bitcoin
Sumber: Bitcoin Sistemi

Kritik Brandt terhadap crypto tersebut memicu berbagai tanggapan di komunitas. Sementara beberapa menggemakan pandangannya, yang lain terus membela Ethereum.

Kepala Riset Hashkey Capital, Jupiter Zheng, juga memiliki sentimen yang sama, menunjukkan bahwa penolakan ETF mungkin tidak mempengaruhi harga secara signifikan. Selain itu, ia percaya bahwa persetujuan spot Ether ETF dengan staking dapat lebih mendorong harga.

Pasar derivatif juga menyoroti prospek positif, seperti yang tercermin dari Tingkat Pendanaan ETH di zona hijau. Ini adalah tanda dominasi kuat pedagang posisi-panjang yang bersedia membayar pedagang posisi-pendek – Sebuah tanda bullish untuk pasar Ethereum.

Penutup

Ethereum telah menghadapi kritik baru-baru ini, dengan beberapa analis menyebutnya sebagai “koin sampah” dan “peniru Bitcoin”. Namun, meskipun ada kritik ini, Ethereum masih menunjukkan beberapa tanda-tanda positif, seperti peningkatan pendapatan dan prospek jangka panjang yang menjanjikan.

Baca Juga: Bitcoin Siap Menghadapi Badai Harga Sempurna Akibat Kebijakan The Fed

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi