Ethereum: Tren Penurunan yang Mengejutkan di Pasar Crypto!

Ethereum: Tren Penurunan yang Mengejutkan di Pasar Crypto!

Jakarta, Pintu News – Dalam empat minggu berturut-turut, produk investasi berbasis Ethereum mengalami aliran keluar dana, sebuah fenomena yang menarik perhatian banyak pelaku pasar crypto. Meskipun pasar crypto lainnya menunjukkan pertumbuhan positif, Ethereum tampaknya berada dalam fase yang berbeda. Mari kita selami lebih dalam apa yang terjadi dengan Ethereum dan implikasinya bagi investor!

Aliran Dana Negatif yang Berkelanjutan

Dalam empat minggu terakhir, produk investasi yang berbasis pada Ethereum tercatat mengalami penarikan dana secara berkelanjutan. Menurut laporan terbaru dari CoinShares, terjadi penarikan dana sebesar $22,5 juta hanya dalam satu minggu terakhir. Hal ini menandai periode negatif keempat berturut-turut untuk Ethereum, yang berbeda dengan tren positif yang dialami oleh mata uang crypto lain seperti Litecoin, Solana, dan Filecoin.

Penarikan dana yang berkelanjutan ini terjadi meskipun secara keseluruhan pasar crypto mengalami inflow dana yang signifikan, dengan total inflow tahun ini mencapai rekor tertinggi sebesar $13,8 miliar. Ini menunjukkan adanya pergeseran minat investor dari produk berbasis Ethereum ke alternatif lain di pasar crypto.

Baca Juga: ETF Ethereum Akan Raup Lebih Banyak Aset Jika Diluncurkan pada Desember 2024? Ini Alasannya!

Dinamika Pasar yang Kompleks

aliran kripto
Aliran kripto mingguan berdasarkan aset. Sumber: CoinShares

Meskipun Ethereum mengalami aliran keluar dana, harga mata uang crypto ini berhasil rebound, dengan kenaikan harga mencapai 7% dan melampaui angka $3.600. Aktivitas pasar yang tinggi ini, termasuk volume perdagangan 24 jam yang mencapai $17,12 miliar, menunjukkan bahwa Ethereum masih memiliki likuiditas dan aktivitas pasar yang kuat.

Pergerakan besar dari para “whale” Ethereum juga menjadi sorotan, dengan dua whale terbesar menarik 11.657 ETH dari Binance, yang menunjukkan pengaruh signifikan mereka terhadap likuiditas dan sentimen pasar. Transaksi bernilai tinggi dan aktivitas bursa yang tinggi menandakan adanya pergerakan skala besar dalam ekosistem Ethereum.

Baca Juga: Laporan VanEck Mengindikasikan Layer 2 Ethereum Berpotensi Capai Valuasi $1 Triliun!

Implikasi bagi Investor

Penurunan berkelanjutan dalam aliran dana produk investasi berbasis Ethereum menimbulkan pertanyaan tentang posisi Ethereum di pasar crypto. Meskipun harga Ethereum menunjukkan pemulihan, tren penarikan dana yang berkelanjutan dapat menandakan adanya kekhawatiran di kalangan investor tentang prospek jangka panjang Ethereum.

Investor perlu mempertimbangkan dinamika pasar yang kompleks ini dalam strategi investasi mereka. Dengan memahami pergerakan pasar dan aktivitas investor besar, mereka dapat membuat keputusan investasi yang lebih tepat dan mengantisipasi perubahan tren di pasar crypto.

Kesimpulannya, meskipun Ethereum masih menunjukkan tanda-tanda kekuatan pasar, aliran keluar dana yang berkelanjutan dari produk investasi berbasis Ethereum menimbulkan pertanyaan penting tentang masa depan mata uang crypto ini. Investor harus tetap waspada dan mengikuti perkembangan pasar untuk menavigasi ketidakpastian yang ada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: