Apakah Ethereum Akan Terjun Bebas di Bawah $2.000? Ini Fakta Terbarunya!

Apakah Ethereum Akan Terjun Bebas di Bawah $2.000? Ini Fakta Terbarunya!

Kabar terbaru datang dari pasar crypto, dimana Ethereum tampaknya berada di persimpangan kritis. Setelah beberapa bulan menunjukkan tren positif, kini mata uang digital ini berada di ambang keputusan penting yang bisa menentukan arah harganya selanjutnya.

Apakah Ethereum akan terus merangkak naik, ataukah kita akan menyaksikan penurunan tajam di bawah $2.000?

Analisis Teknikal Harian

Ethereum telah mengalami konsolidasi di sekitar angka $2.000 setelah ditolak di area $2.150. Penolakan ini terjadi dua kali, menimbulkan kekhawatiran akan terbentuknya pola double-top yang bisa memicu penurunan lebih dalam.

Meskipun indeks kekuatan relatif (RSI) masih menunjukkan angka di atas 50%, yang mengindikasikan momentum pembeli, potensi pembalikan bearish tidak bisa diabaikan sepenuhnya.

Baca Juga: Jaringan Ethereum Menyumbang Lebih dari 90% dalam Pendapatan Layer 1 di Q3 Tahun Ini

Di sisi lain, level $2.000 kini berubah fungsi menjadi dukungan. Jika level ini berhasil ditembus ke bawah, kemungkinan besar akan memperkuat sinyal bearish. Namun, selama RSI tetap di atas 50%, harapan untuk kelanjutan tren bullish masih terjaga.

Analisis Teknikal 4 Jam

Analisis Teknikal 4 Jam
TradingView

Pada grafik 4 jam, pola harga Ethereum terlihat lebih jelas. Harga telah membentuk segitiga, yang biasanya merupakan pola kelanjutan. Jika terjadi breakout ke atas, pasar mungkin akan memulai gelombang bullish baru.

Namun, RSI saat ini menunjukkan momentum bearish dengan nilai di bawah 50%, sehingga diperkirakan akan terjadi penurunan ke batas bawah pola terlebih dahulu. Sebelum terjadi breakout, pasar mungkin akan mengalami fluktuasi.

Investor dan trader harus memperhatikan apakah akan terjadi penembusan ke atas atau ke bawah dari pola segitiga ini. Hal ini akan menjadi penentu arah pergerakan harga Ethereum selanjutnya.

Sentimen Pasar dan Open Interest

Menganalisis sentimen pasar crypto bisa memberikan wawasan penting untuk jangka pendek. Open interest, yang mengukur jumlah kontrak berjangka yang belum ditutup, memberikan gambaran tentang volatilitas dan potensi pembalikan pasar.

Saat ini, open interest Ethereum sedang meningkat, namun belum mencapai level tinggi yang terlihat saat harga mencapai puncaknya. Meskipun demikian, pasar crypto belum menunjukkan tanda-tanda kelebihan panas.

Ini menandakan bahwa tren bullish saat ini masih memiliki ruang untuk berlanjut dalam beberapa minggu mendatang. Namun, koreksi harga selalu mungkin terjadi, dan investor harus tetap waspada.

Paragraf Penutup

Dengan berbagai analisis yang ada, kamu sebagai investor atau trader harus tetap waspada dan mengikuti perkembangan pasar. Apakah Ethereum akan terus bertahan di atas $2.000 atau akan mengalami penurunan, hanya waktu yang akan menjawab. Tetaplah update dengan informasi terkini untuk mengambil keputusan investasi yang tepat.

Baca Juga: Upgrade Ethereum EIP 4844 Disebut Jadi Revolusi Besar untuk L2, Kenapa?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi