Ethena (ENA): Mata Uang Crypto Alternatif yang Menggemparkan Dunia Crypto

Ethena (ENA): Mata Uang Crypto Alternatif yang Menggemparkan Dunia Crypto

Jakarta, Pintu News – Dunia mata uang crypto kembali diramaikan dengan kehadiran pemain baru yang siap menggebrak pasar. Ethena (ENA) hadir sebagai protokol berbasis blockchain Ethereum yang menawarkan alternatif baru untuk infrastruktur perbankan tradisional. Proyek crypto ini memperkenalkan instrumen tabungan berbasis dolar yang dapat diakses secara global yang disebut Internet Bond.

Ethena: Protokol DeFi yang Inovatif

Ethena adalah protokol DeFi yang beroperasi pada blockchain Ethereum. Protokol ini menawarkan alternatif baru untuk infrastruktur perbankan tradisional dan memperkenalkan instrumen tabungan berbasis dolar yang dapat diakses secara global yang disebut Internet Bond.

Baca Juga: CEO LayerZero Labs: 100.000 Alamat Melaporkan Diri Sebagai Sybil Airdrop

Internet Bond merupakan instrumen keuangan inovatif yang bertujuan untuk memperluas akses terhadap peluang investasi dan mempopulerkan konsep menabung. Obligasi dengan hasil tinggi ini terkait erat dengan token USDe dan menggabungkan pendapatan dari pasar crypto derivatif dan Ethereum yang dipertaruhkan.

USDe: Synthetic Dollar yang Stabil dan Terdesentralisasi

usde crypto
Sumber: MarginATM

USDe merupakan inti dari protokol Athena dan memainkan peran penting dalam menggerakkan ekosistem dengan menghasilkan profitabilitas. Diposisikan sebagai dolar sintetis, USDe menawarkan skalabilitas, stabilitas, dan ketahanan terhadap sensor yang umum terkait dengan keuangan tradisional (TradFi).

Untuk mempertahankan pasak USDe ke dolar AS, Ethena menggunakan apa yang disebut delta hedging. Tidak seperti metode algoritmik, strategi keuangan ini merupakan pendekatan konvensional dalam keuangan tradisional (TradFi), yang melibatkan lindung nilai bertahap dari posisi tertentu untuk mengelola risiko.

ENA: Token Tata Kelola dengan Potensi Besar

ENA adalah token tata kelola asli dari protokol Ethena. Pemegang token ENA memiliki hak suara dalam keputusan penting yang membentuk ekosistem Ethena. Ini dapat mencakup proposal untuk menambahkan aset agunan baru untuk mencetak USDe, alokasi distribusi antara sUSDe dan dana cadangannya, atau bahkan memperkenalkan fitur baru ke Ethena sebagai protokol DeFi.

Dengan berpartisipasi aktif dalam tata kelola, pemegang ENA dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan arah Ethena. Selain itu, mengunci ENA memberikan akses ke manfaat eksklusif seperti hasil hingga 50% lebih tinggi saat mempertaruhkan USDe dalam bentuk bonus Sat.

Kesimpulan: Masa Depan Cerah Ethena

Ethena menghadirkan pendekatan baru untuk stablecoin, menawarkan dolar sintetis dalam lanskap DeFi yang berupaya memperbaiki kesalahan blockchain Terra dan stablecoin algoritmiknya UST. Dengan menerapkan campuran aset crypto dan derivatif untuk mempertahankan pasak ke dolar AS, USDe sudah selangkah lebih maju dalam hal menghindari spiral kematian yang ditakuti.

Baca Juga: Giant Mammoth Chain: Revolusi Blockchain dengan Skalabilitas dan Keamanan Tinggi

Meskipun ada kritik terhadap kemampuan menghasilkan hasil yang menarik dari Athena, hanya waktu yang akan membuktikan apakah kekhawatiran ini valid. Mulai dari kekhawatiran tentang tingkat pendanaan negatif selama volatilitas pasar hingga kerentanan smart contract, ketergantungan pada protokol DeFi tentu bukan tanpa risiko.

Pada akhirnya, Ethena melayani individu yang penasaran dengan crypto yang merasa nyaman dengan toleransi risiko sedang hingga tinggi yang mencari eksposur ke aset yang dipatok dolar dalam ekosistem DeFi. Dengan waktu, mitigasi risiko yang tepat, dan eksekusi yang sempurna, kita mungkin melihat prediksi dolar sintetis Ethena melampaui kapitalisasi pasar USDT Tether.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi