Ethena 2 dan ACI Usulkan untuk Mengintegrasikan sUSD ke dalam Aave V3 di Platform Ethereum!

author:

Ethena 2 dan ACI Usulkan untuk Mengintegrasikan sUSD ke dalam Aave V3 di Platform Ethereum!

Dalam sebuah langkah yang berpotensi mengubah peta keuangan terdesentralisasi (DeFi), Ethena 2 bersama dengan Aave Chan Initiative (ACI) telah mengusulkan integrasi sUSDe, turunan dolar sintetis, ke dalam Aave V3 di Ethereum.

Inisiatif ini bukan sekadar penambahan aset baru ke platform Aave, melainkan upaya strategis untuk meningkatkan likuiditas dan stabilitas ekosistem DeFi secara keseluruhan.

Revolusi Likuiditas dan Stabilitas DeFi dengan sUSDe

ethena aave v3
Sumber: Coingape

Inti dari proposal ini adalah mekanisme keuangan inovatif Ethena 2, yang dirancang untuk memperkaya ekosistem Aave dengan meningkatkan utilitasnya dan membuka potensi baru untuk generasi yield melalui strategi DeFi yang canggih.

Baca juga: 5 Top Token Metagovernance 2024: Uniswap, Internet Computer, Maker, Beam, dan Aave

Derivatif dolar sintetis, USDe, adalah solusi pertukaran nilai stabil asli crypto, yang dirancang dengan cermat untuk mempertahankan pegnya terhadap dolar meskipun volatilitas pasar yang melekat.

Pengenalan versi staked USDe, sUSDe, ke dalam Aave V3 diatur untuk memperluas fungsionalitas protokol, menawarkan aset yang menghasilkan yield yang didukung oleh model ekonomi yang kuat.

Potensi sUSDe sebagai jaminan membuka jalan bagi pendekatan pinjaman dan peminjaman yang inovatif, mencerminkan yang ditunjukkan oleh stablecoin lain tetapi dengan keuntungan tambahan generasi yield langsung dari protokol itu sendiri.

Mendorong Sinergi Strategis dan Adopsi Pasar

Proposal ini menekankan penerimaan pasar yang signifikan dari USDe, dibuktikan dengan likuiditasnya yang melebihi $100 juta di platform seperti Curve.

Penggunaan luas ini menempatkan USDe sebagai kandidat ideal untuk integrasi ke dalam Aave V3, mengingat kehadiran dan utilitasnya yang sudah mapan di dalam lingkup DeFi.

Salah satu sorotan utama dari proposal ini adalah kemandirian USDe dari sistem perbankan tradisional, menekankan kolateralisasi penuhnya melalui mekanisme asli crypto. Fitur ini sejalan dengan prinsip-prinsip desentralisasi dan transparansi yang melekat pada DeFi, menawarkan pengguna sarana pertukaran dan penyimpanan yang tanpa kepercayaan.

Baca juga: Ethena USDe: Stablecoin dengan Imbal Hasil Tinggi yang Menuai Kontroversi

Ethena 2 dan ACI Menavigasi Risiko dan Merencanakan Langkah ke Depan

Meskipun proposal ini membawa banyak manfaat bagi ekosistem Aave, ia juga secara hati-hati mengatasi risiko yang terkait dengan pengenalan kelas aset baru, seperti kerentanan kontrak pintar, kendala likuiditas, dan risiko pasar.

Ethena 2 dan ACI mengadvokasi pendekatan hati-hati untuk meningkatkan integrasi sUSDe, menyarankan rasio Pinjaman-terhadap-Nilai (LTV) yang moderat dan batas pinjaman sebagai parameter awal.

Masa depan proposal ini bergantung pada konsensus komunitas, dengan rencana untuk memajukan diskusi melalui tahapan tata kelola Aave. Jika komunitas mendukung inisiatif ini, proposal akan maju ke pemungutan suara Snapshot, diikuti oleh proses Aave Request for Comment (ARFC) standar untuk umpan balik komunitas yang komprehensif, dan akhirnya, pemungutan suara Aave Improvement Proposal (AIP) untuk persetujuan akhir.

Secara keseluruhan, proposal kolaboratif oleh Ethena 2 dan ACI untuk mengintegrasikan sUSDe ke dalam Aave V3 menandai langkah penting untuk meningkatkan likuiditas dan stabilitas ekosistem DeFi.

Dengan memanfaatkan mekanisme keuangan inovatif dan mendorong kemitraan strategis, inisiatif ini menjanjikan untuk membuka jalan baru untuk generasi yield dan memperluas utilitas platform Aave.

Seiring proposal bergerak melalui tahapan tata kelola, ia mewakili semangat inovasi yang didorong komunitas yang menjadi inti dari DeFi, menyiapkan panggung untuk lanskap keuangan yang lebih tangguh dan dinamis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coingape