Heboh! ETF Ethereum Pertama Siap Meluncur di Amerika Serikat pada Oktober 2023

author:

Heboh! ETF Ethereum Pertama Siap Meluncur di Amerika Serikat pada Oktober 2023

Sebuah laporan dari Bitfinex menyoroti bahwa Volatility Shares, yang sebelumnya sukses meluncurkan ETF Bitcoin, kini bersiap untuk memperkenalkan Ether Strategy ETF (ETHU) pada 12 Oktober 2023. Ini akan menjadikannya ETF pertama yang menawarkan eksposur terkait Ether kepada klien institusi di Amerika Serikat.

Volatility Shares dan Ambisi Ethereum

Setelah sukses dengan peluncuran ETF Bitcoin 2x (BITX) pada Juli, Volatility Shares melihat peluncuran ETHU sebagai langkah logis berikutnya. Stuart Barton, CIO dari Volatility Shares, menekankan pentingnya fokus pada pasar spot selanjutnya.

Baca juga: Valkyrie Mengubah ETF Bitcoin Menjadi Penawaran Ganda Bitcoin dan Ethereum!

Meskipun Volatility Shares telah mengajukan aplikasi untuk Ether Strategy ETF pada 28 Juli 2023, mereka masih menunggu persetujuan dari US Securities and Exchange Commission (SEC). Namun, berdasarkan jadwal 75 hari untuk persetujuan, tanggal 12 Oktober tampaknya menjadi tanggal yang mungkin.

volatility share etf ethereum
Sumber: Twitter

Pada 15 Agustus 2023, Eric Balchunas dari Bloomberg, mengumumkan bahwa Volatility Shares berniat untuk mendaftarkan ETF Ether Futures mereka pada tanggal 12 Oktober 2023. Lebih lanjut, Balchunas percaya bahwa peluang persetujuan cukup tinggi, mengingat belum ada penarikan dan SEC tampaknya oke dengan proposal tersebut.

Perlombaan untuk Ether Futures ETF

Banyak institusi keuangan besar telah mengajukan aplikasi untuk Ether Futures ETFs ke SEC. Daftar ini termasuk nama-nama besar seperti Bitwise, VanEck, Roubhill, ProShares, dan Grayscale.

Bitwise bahkan merevisi aplikasinya untuk Bitcoin Strategy Optimum Roll ETF menjadi Bitcoin dan Ether Equal Weight Strategy ETF, menunjukkan permintaan yang meningkat untuk Ethereum Futures ETFs.

Analis dari Bloomberg memperkirakan peluang persetujuan ETF Bitcoin spot meningkat dari 50% menjadi 65%. Namun, mereka memperkirakan peluang persetujuan Ethereum ETF sebesar 75%. Balchunas sendiri percaya ada peluang 95% untuk persetujuan Ether futures.

Baca juga: Setelah Ledakan ETF Bitcoin, Kini 6 Perusahaan Ajukan Proposal ETF Ethereum!

Apa yang Diharapkan dari Peluncuran ETF Ethereum?

Peluncuran ETF Ethereum dapat memberikan dorongan positif bagi harga Ethereum, mengingat eksposur yang lebih besar dan adopsi oleh investor institusi.

Dengan mendekati halving Bitcoin pada 2024, peluncuran ETF Ethereum dapat memberikan alternatif investasi bagi mereka yang mencari eksposur di pasar crypto. Peluncuran sukses dari ETF Ethereum akan menandai pengakuan lebih lanjut terhadap Ethereum sebagai aset investasi utama di pasar global.

Pada akhirnya, tanggal 12 Oktober 2023 dapat menjadi tonggak sejarah bagi Ethereum dan industri kripto secara keseluruhan. Dengan peluncuran Ether Strategy ETF oleh Volatility Shares, dunia mungkin akan menyaksikan adopsi Ethereum yang lebih luas dan pengakuan lebih lanjut terhadap potensinya sebagai aset investasi utama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: