Keuntungan Melonjak, Ini Deretan ETF Blockchain Terbaik 2023!

Keuntungan Melonjak, Ini Deretan ETF Blockchain Terbaik 2023!

Tahun ini, pasar keuangan dikejutkan dengan lonjakan nilai beberapa ETF yang terkait dengan blockchain. Dengan kenaikan yang mencapai lebih dari 100%, ETF-ETF ini menjadi bintang di tengah perhatian investor yang teralihkan pada teknologi crypto dan AI. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETF VanEck dan Global X Memimpin Kenaikan

ETF VanEck Digital Transformation (DAPP) mencatatkan kenaikan fantastis hingga 207% sepanjang tahun ini. DAPP, yang melacak MVIS Global Digital Assets Equity Index, berfokus pada perusahaan-perusahaan besar di ekonomi aset digital.

Saham Coinbase dan MicroStrategy, sebagai aset utama DAPP, telah melonjak masing-masing sebesar 312% dan 302% YTD. Global X Blockchain ETF (BKCH) juga tidak kalah impresif dengan kenaikan hampir 203% YTD

Sementara itu, Bitwise Crypto Industry Innovators ETF (BITQ) mengikuti dengan kenaikan hampir 192% YTD. Meskipun demikian, beberapa data dari VettaFi menunjukkan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan TradingView, dengan selisih hingga 50% dalam beberapa kasus.

Baca Juga: ETF Bitcoin: Inovasi Investasi Crypto yang Mengubah Lanskap Pasar

ETF Lain Juga Catatkan Kinerja Gemilang

etf blockchain terbaik 2023
5 ETF blockchain teratas berdasarkan perubahan harga pada tahun 2023. Sumber: VettaFi

Tidak hanya DAPP dan BKCH, ETF lain seperti Global X Blockchain & Bitcoin Strategy ETF (BITS) dan iShares Blockchain and Tech ETF (IBLC) juga mencatatkan kenaikan yang signifikan. Kedua ETF tersebut telah menambahkan lebih dari 184% ke nilai YTD mereka.

Meskipun begitu, beberapa ETF masih jauh dari rekor tertinggi mereka, seperti VanEck Digital Transformation ETF yang masih turun sekitar 77% dari rekor tertingginya. Di sisi lain, iShares Blockchain and Tech ETF telah mencetak rekor tertinggi baru, dengan sahamnya menembus rekor sebelumnya di bulan November 2023.

Ini menunjukkan bahwa meskipun beberapa ETF mengalami fluktuasi, tren keseluruhan untuk ETF yang terkait dengan blockchain dan crypto sangat positif di tahun 2023.

Baca Juga: Apakah Fidelity Akan Mengubah Lanskap Investasi Crypto dengan ETF Bitcoin?

Perbandingan dengan ETF Lain dan Prospek Masa Depan

Sementara beberapa ETF mencatatkan kenaikan yang luar biasa, tidak semua ETF blockchain menunjukkan performa yang sama. Invesco CoinShares Global Blockchain UCITS ETF (BCHS), misalnya, hanya mengalami kenaikan sebesar 33% di tahun 2023.

Hal ini dikarenakan BCHS memiliki korelasi yang lebih rendah dengan crypto, karena ETF ini lebih berfokus pada perusahaan yang berpotensi terlibat dalam aplikasi blockchain. Perusahaan-perusahaan yang sukses dengan ETF bertema industri blockchain mereka, seperti VanEck, Bitwise, dan Global X, juga berupaya meluncurkan spot Bitcoin ETF.

ETF jenis ini bertujuan untuk menawarkan eksposur langsung ke harga Bitcoin dengan memegang crypto tersebut secara fisik. Dengan adanya optimisme bahwa spot Bitcoin ETF akan disetujui pada tahun 2024, ini bisa menjadi peluncuran ETF paling sukses sepanjang masa.

Kenaikan nilai ETF blockchain di tahun 2023 memberikan sinyal positif bagi investor yang tertarik pada sektor crypto dan teknologi digital. Dengan kinerja yang mengesankan dari ETF-ETF tertentu, peluang untuk berinvestasi di pasar ini tampaknya masih terbuka lebar, meskipun dengan risiko yang harus selalu dipertimbangkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: