Meroket! ETF Bitcoin Spot Raup Dana Masuk Sebesar $562 Juta!

author:

Array

Meroket! ETF Bitcoin Spot Raup Dana Masuk Sebesar $562 Juta!

ETF Bitcoin spot mengawali minggu ini dengan catatan yang kuat, menarik lebih dari $562 juta dana masuk pada hari Senin di tengah reli pasar Bitcoin (BTC) yang mengesankan, yang telah melihat aset tersebut melonjak 21% selama seminggu terakhir.

Baru-baru ini, BitMEX Research mengungkapkan hal ini dalam pembaruan terkini tentang arus modal ke pasar ETF Bitcoin. Data mengonfirmasi bahwa seluruh pasar melihat masuknya 8.377 token BTC senilai $562,7 juta pada tanggal 4 Maret meskipun Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mempertahankan tren arus keluar modalnya.

ETF Bitcoin Spot Meroket

arus masuk bitcoin etf
Arus masuk bersih ETF Bitcoin – Sumber: SoSo Value

BlackRock iShares Bitcoin Trust (IBIT) dan Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC) tercatat memimpin kenaikan, dengan IBIT membukukan arus masuk 6.224 BTC senilai $420 juta dan FBTC mengikuti dengan arus masuk 5.994 Bitcoin yang mengesankan senilai $404,6 juta.

Baca juga: Bitcoin Catat All Time High Baru! Harga BTC Terbang Tinggi Melewati $69.000!

Menurut BitMEX Research, sementara produk yang lebih besar berkinerja sangat baik, opsi yang kurang populer seperti Invesco dan Galaxy Digital’s BTCO, VanEck’s HODL, dan WisdomTree’s BTCW mencatat arus keluar. Meskipun demikian, GBTC mengalami arus keluar terbesar, sebesar 5.451 BTC senilai $368 juta.

Arus masuk kumulatif baru-baru ini mengikuti arus negatif $192 juta yang tercatat Jumat lalu, sebagian besar dipicu oleh arus keluar GBTC yang substansial sebesar $492 juta. Setelah arus masuk terbaru sebesar $562 juta, total arus kumulatif ke ETF Bitcoin spot ini telah melonjak menjadi $7,915 miliar sejak 11 Januari.

Permintaan Bitcoin Meningkat

Pasar terus mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam arus modal dan volume perdagangan. Menariknya, produk-produk ini menyaksikan dua rekor tertinggi berturut-turut dalam volume 24 jam pada tanggal 25 dan 26 Februari, dengan angka terbaru mencapai $7,64 miliar, yang dilaporkan oleh crypto.news minggu lalu.

Di tengah kesuksesan tersebut, BlackRock telah membuat rencana untuk memperluas penawarannya, baru-baru ini bermitra dengan bursa saham B3 di Brasil untuk membuat IBIT-nya dapat diakses oleh investor Brasil. Selain itu, pengajuan dengan SEC AS mengonfirmasi rencana BlackRock untuk membeli lebih banyak ETF Bitcoin spot.

Sementara itu, BTC terus mencatat keuntungan besar selama dua minggu terakhir, dengan peningkatan permintaan didukung oleh ETF Bitcoin spot dan spekulasi investor. Aset tersebut kembali mencapai $68.000 hari ini tetapi menghadapi penolakan yang telah menurunkannya ke harga saat ini $66.724.

Baca juga: Bitcoin Mencetak Sejarah: 97% Alamat Kini Menguntungkan!

ETF Bitcoin Spot Jadi Primadona

ETF Bitcoin spot berbasis di Amerika Serikat melihat arus masuk bersih sebesar $562 juta pada tanggal 4 Maret, karena harga BTC menembus $68.000, dengan mata uang kripto tersebut semakin dekat ke titik tertinggi sepanjang masa sekitar $69.000. Ini menandai hari ketiga terbesar arus masuk ke ETF Bitcoin spot sejak mereka mulai diperdagangkan pada 11 Januari.

Arus masuk 4 Maret terjadi meskipun ada arus keluar dari beberapa pemain yang lebih kecil dan Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). GBTC melihat arus keluar $368 juta pada hari itu.

BlackRock iShares Bitcoin Trust mencatat arus masuk terbesar sebesar $420 juta, diikuti oleh Fidelity Wise Origin Bitcoin Trust sebesar $404 juta. Arus masuk bersih ke ETF Bitcoin spot pada hari itu adalah 10 kali lipat jumlah BTC baru yang ditambahkan ke pasokan melalui aktivitas penambangan.

Secara keseluruhan, ETF Bitcoin spot mungkin melihat peningkatan permintaan dalam beberapa hari mendatang, dengan BlackRock mengajukan pembelian BTC untuk Dana Peluang Pendapatan Strategisnya.

Dengan pembagian dua Bitcoin yang dijadwalkan pada bulan April, pasokan harian BTC baru akan berkurang setengahnya meskipun permintaan pasar saat ini sudah melebihi pasokan baru sebesar 10x, yang dapat bertindak sebagai katalis untuk kenaikan harga BTC lebih lanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array