ETF Bitcoin Spot Pertama di Hong Kong: Analisis Hukum

ETF Bitcoin Spot Pertama di Hong Kong: Analisis Hukum

Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) dilaporkan telah menyetujui tiga dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot. Daftar tersebut termasuk ETF dari Harvest Global Investments, China Asset Management, dan kemitraan antara HashKey dan Bosera Asset Management.

Setelah persetujuan awal, Bursa Efek Hong Kong akan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikan prosedur pencatatan dan pengaturan terkait.

Persetujuan ETF Bitcoin Spot Pertama di Hong Kong

Herbert Sim, kepala operasi bursa crypto Websea, mengatakan bahwa persetujuan ETF Bitcoin (BTC) spot pertama di Hong Kong dapat mengkatalisasi reli Bitcoin pasca-halving.

Baca Juga: Bitcoin dan Aset Crypto Lainnya Mengalami Penurunan, Apa Penyebabnya?

Sementara itu, kepala eksekutif perusahaan investasi VanEck mengatakan kecil kemungkinan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) akan menyetujui ETF Ether (ETH) spot pada bulan Mei.

Dampak Persetujuan ETF Bitcoin Spot terhadap Pasar Crypto

arus keluar bitcoin etf
Generated by AI

Persetujuan ETF Bitcoin spot pertama di Hong Kong merupakan langkah maju yang signifikan bagi pasar crypto. ETF ini akan memberikan investor ritel akses yang lebih mudah ke Bitcoin, yang dapat meningkatkan permintaan dan harga Bitcoin.

Selain itu, persetujuan ETF Bitcoin spot dapat meningkatkan kredibilitas Bitcoin sebagai aset investasi, yang dapat menarik lebih banyak investor institusional ke pasar crypto.

Tantangan yang Dihadapi ETF Bitcoin Spot

Meskipun persetujuan ETF Bitcoin spot di Hong Kong merupakan berita positif, namun masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Salah satu tantangan terbesar adalah volatilitas harga Bitcoin. Bitcoin dikenal sebagai aset yang sangat fluktuatif, yang dapat membuat investor enggan untuk berinvestasi di ETF Bitcoin spot.

Tantangan lainnya adalah kurangnya regulasi yang jelas untuk ETF Bitcoin spot. Saat ini, tidak ada kerangka peraturan yang komprehensif untuk ETF Bitcoin spot, yang dapat menimbulkan risiko bagi investor.

Kesimpulan

Persetujuan ETF Bitcoin spot pertama di Hong Kong merupakan langkah maju yang signifikan bagi pasar crypto. ETF ini akan memberikan investor ritel akses yang lebih mudah ke Bitcoin, yang dapat meningkatkan permintaan dan harga Bitcoin.

Selain itu, persetujuan ETF Bitcoin spot dapat meningkatkan kredibilitas Bitcoin sebagai aset investasi, yang dapat menarik lebih banyak investor institusional ke pasar crypto. Namun, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti volatilitas harga Bitcoin dan kurangnya regulasi yang jelas.

Baca Juga: 3 Top DRC-20 2024: DOGI, UNIX, PEPE

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi