Peluang Baru: ETF Bitcoin Spot Pertama Berpotensi Dapatkan Lampu Hijau dari SEC!

Peluang Baru: ETF Bitcoin Spot Pertama Berpotensi Dapatkan Lampu Hijau dari SEC!

Sebuah lompatan besar mungkin akan segera terjadi di dunia crypto dengan indikasi kuat bahwa ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat berada di ambang persetujuan oleh SEC. Pertemuan penting antara pemimpin industri keuangan seperti BlackRock dan Fidelity dengan regulator telah menimbulkan optimisme di kalangan investor.

Dengan batas waktu yang ditetapkan pada 10 Januari 2024, semua mata tertuju pada keputusan yang berpotensi mengubah dinamika pasar crypto secara global. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dialog Strategis dengan SEC

Diskusi mendalam telah terjadi antara BlackRock, Fidelity, dan perwakilan SEC, dengan partisipasi juga dari Grayscale Investments dan Franklin Templeton. Ini menandakan keseriusan dalam menciptakan produk investasi crypto yang lebih terstruktur. Memo yang diajukan menunjukkan bahwa diskusi melibatkan dua divisi SEC, yaitu Trading and Markets serta Corporate Finance.

Fokus utama pertemuan ini adalah pada struktur dan mekanisme penebusan ETF Bitcoin spot yang diusulkan. BlackRock telah mengusulkan sebuah sistem penebusan in-kind yang mereka klaim lebih efisien dari segi biaya dan pajak. Namun, SEC masih mempertimbangkan antara model penebusan in-kind dan tunai, yang akan berpengaruh pada keputusan final mereka.

Baca Juga: JPMorgan Memperkirakan ETF Bitcoin akan Disetujui pada Akhir Tahun 2023!

Harapan Pasar dan Dampaknya

etf bitcoin
The image created by AI

Pengumuman yang ditunggu-tunggu dari SEC telah membuat pasar crypto berada dalam keadaan harap-harap cemas, terutama setelah persetujuan ETF berbasis kontrak berjangka crypto.

ETF Bitcoin spot yang melacak nilai Bitcoin secara fisik masih menjadi target utama bagi banyak investor. Matt Hougan dari Bitwise Asset Management mengungkapkan bahwa pembicaraan dengan regulator telah menjadi lebih terfokus, menunjukkan kemajuan yang berarti.

Beberapa analis pasar percaya bahwa SEC mungkin akan menyetujui beberapa aplikasi ETF Bitcoin spot secara bersamaan untuk menghindari keuntungan yang tidak adil bagi pelopor pasar. Keputusan yang dibuat sebelum batas waktu 10 Januari tidak hanya akan memungkinkan peluncuran dan perdagangan ETF spot, tetapi juga berpotensi meningkatkan nilai Bitcoin.

Setelah serangkaian pertemuan dan dialog yang intens, komunitas crypto mungkin akan segera menyaksikan kelahiran ETF Bitcoin spot pertama di AS. Keputusan mendatang dari SEC ini diharapkan menjadi tonggak penting yang menunjukkan penerimaan yang lebih luas terhadap crypto dalam lingkup keuangan konvensional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: