Terobosan 2024: ETF Bitcoin Spot Diprediksi Mendapat Lampu Hijau!

Terobosan 2024: ETF Bitcoin Spot Diprediksi Mendapat Lampu Hijau!

Kabar gembira bagi para penggemar crypto, sebuah laporan terbaru dari K33 menyatakan bahwa persetujuan untuk ETF Bitcoin spot oleh 10 Januari 2024 tampaknya sudah di depan mata. Analis K33 percaya bahwa dengan perkembangan terkini, peluang ETF ini untuk mendapatkan persetujuan semakin kuat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin Spot: Persetujuan di Ambang Pintu

cme oi k33 research
Volume derivatif institusional hanya meningkat sejak bulan Oktober. Sumber: K33 Research

Menurut Anders Helseth, kepala peneliti K33, dan Vetle Lunde, analis senior, perubahan terbaru dalam pengajuan ETF oleh perusahaan besar seperti BlackRock dan ARK Invest, yang kini menerima sistem penciptaan kas, semakin memperkuat kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot.

Laporan yang dirilis pada 19 Desember tersebut juga menyoroti kenaikan harga Bitcoin yang signifikan selama minggu lalu, dengan volume perdagangan spot Bitcoin yang jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Meskipun volume spot Bitcoin mengalami peningkatan, minat terbuka pada kontrak perpetu Bitcoin mencapai titik terendah tahun ini, menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda euforia dari investor ritel.

Di sisi lain, minat institusional di Chicago Mercantile Exchange (CME) terhadap risiko terkait Bitcoin meningkat, dengan minat terbuka di CME bertambah sebanyak 3.100 BTC dalam minggu terakhir.

Baca Juga: Demam Inscription Membawa 9 Rantai EVM Mencetak Rekor Transaksi Tahunan

Rotasi Signifikan Pasca-Persetujuan

Analis K33 memprediksi bahwa akan terjadi rotasi yang signifikan dari ETF berbasis futures di CME ke ETF Bitcoin spot setelah persetujuan diberikan. Hal ini dapat mengubah dinamika pasar crypto secara keseluruhan.

Mereka juga menambahkan bahwa kekuatan ini mungkin tidak akan bertahan setelah persetujuan ETF Bitcoin spot, karena investor mungkin akan beralih dari produk berbasis futures.

Baca Juga: Peluang Baru di Wall Street: Kedatangan ETF Bitcoin Spot Siap Ubah Lanskap Keuangan!

Altcoin dan Dampak Positifnya bagi Bitcoin

pergerakan altcoin
Para trader menunjukkan minat yang unik terhadap altcoin seperti ORDI, BONK. Sumber: Penelitian K33

Laporan tersebut juga menyoroti beberapa “pocket of euphoria” di altcoin seperti Solana (SOL), Ordinals (ORDI), dan Bonk (BONK), yang masing-masing mengalami kenaikan 22%, 114%, dan 338% dalam 20 hari terakhir.

Meskipun kinerja pasar yang seperti ini sering dianggap sebagai tanda pasar mencapai puncaknya, analis K33 berpendapat bahwa ini justru dapat menguntungkan Bitcoin.

Mereka menjelaskan bahwa kegembiraan di sektor altcoin dapat mengurangi beban dari Bitcoin, yang dianggap kurang menarik bagi para pencari sensasi. Dengan demikian, altcoin berfungsi sebagai katup pelepas tekanan yang positif, memungkinkan kondisi leverage yang lebih sehat dalam Bitcoin.

Dengan semua indikasi yang mengarah pada persetujuan ETF Bitcoin spot di awal 2024, pasar crypto mungkin akan menyaksikan perubahan besar. Kini, saatnya bagi kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi perubahan yang akan datang di dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: