Terobosan Baru di Pasar Keuangan, ETF Bitcoin Spot Siap Mengguncang Dunia Investasi!

Terobosan Baru di Pasar Keuangan, ETF Bitcoin Spot Siap Mengguncang Dunia Investasi!

Kabar gembira bagi para investor institusional, sebuah terobosan di pasar crypto kini tengah menanti persetujuan. ETF Bitcoin Spot yang pertama kali akan diluncurkan di Amerika Serikat berpotensi membuka pintu bagi dana pensiun dan dana berbasis penasihat investasi terdaftar (RIA) untuk berinvestasi dalam aset crypto. Ini merupakan langkah besar yang diharapkan dapat mengubah dinamika investasi crypto secara global!

ETF Bitcoin Spot: Harapan Baru Investor Institusional

John Palmer, Presiden CBOE Digital, menyatakan bahwa persetujuan ETF Bitcoin Spot akan membawa angin segar bagi investor institusional. Menurutnya, banyak dana yang saat ini tidak dapat terpapar langsung pada Bitcoin akan mendapatkan kesempatan tersebut.

Dengan adanya ETF ini, dana pensiun dan RIA dapat dengan mudah berinvestasi dalam aset crypto tanpa harus terlibat langsung dalam pembelian token Bitcoin. Palmer menambahkan bahwa produk derivatif Bitcoin diperkirakan akan berkembang pesat setelah persetujuan ETF Spot.

Investor institusional diharapkan akan semakin bergantung pada produk derivatif untuk mengelola risiko. Meskipun belum dapat dipastikan proporsi antara investor institusional dan ritel, Palmer yakin bahwa keduanya akan mendapatkan manfaat dari alat hedging ini.

Baca Juga: Market Merah, Ada Apa dengan Crypto Hari Ini (4/1/24)? Simak 3 Faktor Utamanya!

Pasar Derivatif dan Peluang Baru

pasar derivatif crypto
Sumber: Akun X Marty Party

CBOE Digital, divisi crypto dari bursa, berencana meluncurkan perdagangan derivatif Bitcoin dan Ether dengan margin pada tanggal 11 Januari. Hal ini memungkinkan investor untuk berdagang kontrak tanpa harus menyediakan kolateral penuh. Langkah ini diharapkan akan menarik lebih banyak investor ke dalam pasar crypto.

Beberapa dana reksa dana juga telah mulai merencanakan untuk meningkatkan eksposur mereka terhadap ETF Bitcoin Spot setelah mendapatkan persetujuan. Sebagai contoh, Advisors Preferred Trust telah menyesuaikan prospektusnya agar dapat berinvestasi hingga 15% dari total asetnya untuk mendapatkan eksposur tidak langsung terhadap Bitcoin.

Kesimpulan

Dengan potensi persetujuan ETF Bitcoin Spot oleh regulator AS, dunia investasi crypto mungkin akan menyaksikan gelombang baru investor institusional yang memasuki pasar. Ini bukan hanya kabar baik bagi mereka yang telah lama menantikan instrumen investasi yang lebih aman dan teratur, tetapi juga bagi ekosistem crypto secara keseluruhan yang akan mendapatkan legitimasi dan kepercayaan tambahan dari para investor besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: