ETF Bitcoin Spot Dinilai ‘Lebih Unggul’ Dibandingkan ETF Emas, Kok Bisa?

author:

ETF Bitcoin Spot Dinilai ‘Lebih Unggul’ Dibandingkan ETF Emas, Kok Bisa?

Dalam dunia investasi, keberadaan ETF (Exchange Traded Fund) menjadi salah satu instrumen yang populer. ETF memungkinkan investor untuk berinvestasi pada berbagai aset, termasuk komoditas seperti emas dan Bitcoin.

Namun, tahukah kamu bahwa ETF Bitcoin spot dinilai lebih unggul dibandingkan ETF emas? Kok bisa? Simak selengkapnya, yuk!

ETF Bitcoin Spot: Investasi yang Lebih Aman

etf bitcoin spot lebih unggul
Darin Feinstein – Sumber: Bloomberg

ETF Bitcoin spot, atau ETF yang didukung langsung oleh Bitcoin fisik, dianggap lebih aman dibandingkan ETF lainnya karena sistem akuntansinya yang unik.

Baca juga: Prediksi Mengejutkan: Harga Bitcoin akan Tembus $70.000 di Tahun 2024!

Menurut Darin Feinstein, pendiri perusahaan blockchain Core Scientific dan Blockcap, ETF Bitcoin spot memiliki keunggulan dalam hal verifikasi kepemilikan aset.

“ETF Bitcoin spot beroperasi pada buku besar yang tidak dapat diubah (immutable ledger), yang merupakan sistem akuntansi terbaik yang pernah ada bagi umat manusia,” jelas Feinstein dalam wawancaranya dengan Cointelegraph.

Feinstein menekankan bahwa ETF Bitcoin spot membuktikan kepemilikan Bitcoin melalui jaringan Bitcoin itu sendiri. Hal ini membuatnya menjadi investasi yang lebih aman dibandingkan ETF lainnya, seperti ETF emas, di mana tidak ada cara untuk mengetahui secara real-time apakah ETF tersebut benar-benar menyimpan emas atau telah diautentikasi.

Transparansi Jaringan Bitcoin

Keunggulan lain dari ETF Bitcoin spot adalah transparansi yang ditawarkan oleh jaringan Bitcoin. Jaringan Bitcoin memungkinkan pelacakan semua transaksi dan alamat secara real-time.

Hal tersebut memungkinkan platform intelijen blockchain seperti Arkham untuk secara independen menemukan alamat ETF spot seperti Grayscale Bitcoin Trust ETF, BlackRock’s iShares Bitcoin Trust, dan lainnya.

Transparansi jaringan Bitcoin juga mencakup jumlah total Bitcoin yang beredar dan jumlah yang tersisa untuk ditambang, dengan total pasokan dibatasi pada 21 juta koin. Fitur pembeda ini tidak ada pada komoditas seperti emas.

ETF Bitcoin Spot vs ETF Emas

bitcoin vs emas
The image created by AI

Feinstein menyoroti perbedaan mendasar antara ETF Bitcoin spot dan ETF emas. Menurutnya, tidak ada metode yang dapat diandalkan untuk memverifikasi penyimpanan, verifikasi, audit, dan proses autentikasi untuk semua emas fisik yang ada, termasuk rincian tentang lokasi dan kontrol manajemennya.

Baca juga: CEO Grayscale Desak Regulator Setujui Opsi Terdaftar untuk ETF Spot Bitcoin!

“Dikatakan bahwa ada $11 triliun emas fisik di Bumi,” kata Feinstein, seraya menambahkan bahwa semua emas federal belum diaudit secara publik selama 70 tahun.

“Investasi yang melakukan audit mandiri, autentikasi mandiri, membuktikan cadangan, dan dapat dilihat publik 24 jam sehari belum pernah ada sampai ETF Bitcoin,” tegas Feinstein.

ETF Bitcoin Spot: Masa Depan Investasi

Meskipun jaringan Bitcoin menawarkan transparansi tingkat tinggi, beberapa pengamat industri sebelumnya menyatakan keprihatinan bahwa ETF Bitcoin spot berpotensi menciptakan “jutaan Bitcoin yang tidak didukung”.

Di sisi lain, analis ETF Bloomberg Eric Balchunas menyatakan keyakinannya bahwa memegang Bitcoin adalah “kepentingan terbaik” dari penerbit ETF spot, dengan menyatakan bahwa ETF Bitcoin spot pada dasarnya adalah “hal yang sama” dengan ETF emas yang didukung secara fisik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: