ETF Bitcoin Spot Kumpulkan 300 Ribu BTC dengan Arus Masuk Bersih Capai $6 Miliar!

Array

ETF Bitcoin Spot Kumpulkan 300 Ribu BTC dengan Arus Masuk Bersih Capai $6 Miliar!

Dalam waktu kurang dari dua bulan sejak debut publiknya pada 11 Januari, sembilan exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot telah mengumpulkan 300.000 Bitcoin senilai $17 miliar, dengan arus masuk bersih melampaui $6 miliar. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin Spot Menunjukkan Permintaan yang Kuat

btc held
Total BTC yang dimiliki oleh sembilan ETF baru. Sumber: K33 Research

Kepemilikan Bitcoin (BTC) dari sembilan ETF spot tersebut menyumbang hampir 1,5% dari total pasokan Bitcoin sebesar 21 juta BTC. Di tengah permintaan yang meningkat dan pasokan yang terbatas, harga BTC menyentuh titik tertinggi baru tahunan di atas $57.000 pada 27 Februari. Bitcoin sekarang hanya turun 20% dari titik tertinggi sepanjang masa hampir $69.000, dan kapitalisasi pasarnya telah menembus $1,1 triliun.

total spot etf btc
Total aliran ETF Bitcoin spot. Sumber: BitMEX

ETF Bitcoin spot melanjutkan momentum bullish mereka dengan arus masuk bersih lebih dari setengah miliar dolar pada hari Senin, 26 Februari. ETF juga mencatat hari volume perdagangan tertinggi mereka dengan $2,4 miliar, mengalahkan rekor sebelumnya sebesar $2,2 miliar yang ditetapkan pada hari perdagangan pertama, 11 Januari.

BlackRock’s iShares Bitcoin Trust menduduki puncak grafik volume dengan $1,29 miliar, diikuti oleh Fidelity’s Wise Origin Bitcoin Fund di posisi kedua dengan $576 juta.

Baca Juga: Apakah Asia Tenggara Menjadi Kekuatan Baru di Dunia Crypto, Web3, dan AI?

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) Mengalami Penurunan Arus Keluar

arus keluar gbtc
Grayscale Outflows. Source: X

Sementara arus masuk ke ETF Bitcoin spot terus mencapai titik tertinggi baru, Grayscale’s Bitcoin Trust (GBTC) mencatat hari arus keluar terendah dengan hanya $22 juta yang keluar dari dana tersebut, menandai hari perdagangan ketiga berturut-turut dari perlambatan arus keluar bersih.

GBTC adalah satu-satunya dana yang mengalami arus keluar bersih terus menerus sejak diluncurkan karena penjualan besar-besaran saham GBTC oleh FTX dan investor lainnya. GBTC mengalami penarikan sebesar $5,64 miliar pada akhir Januari. Namun, arus keluar telah menurun pada bulan Februari, dengan total $2 miliar sejauh ini. Total $7,6 miliar telah keluar dari ETF GBTC sejak konversinya.

Baca Juga: Pasar Stablecoin Melesat Capai $138 Miliar: Gelombang Baru Kepercayaan di Dunia Crypto!

Supply Bitcoin yang Menurun dan Permintaan yang Meningkat

Arus masuk bersih yang berkelanjutan, dengan penurunan arus keluar GBTC, menunjukkan permintaan pasar yang tinggi terhadap ETF Bitcoin spot. Hal ini dapat menambah permintaan pasar tambahan di tengah pasokan Bitcoin yang semakin berkurang, dengan halving Bitcoin kurang dari dua bulan lagi.

Saat ini, total 900 BTC baru ditambahkan ke pasokan harian oleh para penambang. Namun, ETF Bitcoin spot melihat arus masuk bersih hampir 8.000–9.000 BTC pada setiap hari perdagangan, semakin mengurangi pasokan karena permintaan terus tumbuh, yang dianggap sebagai skenario bullish untuk harga BTC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array