Terobosan Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Spot Segera Hadir?

Terobosan Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Spot Segera Hadir?

Mengakhiri minggu dengan gebrakan, 11 pelamar ETF Bitcoin spot telah mengajukan formulir amandemen 19b-4, menandakan langkah lebih dekat ke persetujuan oleh SEC Amerika Serikat. Dengan tenggat waktu yang hanya tinggal beberapa hari lagi, pasar keuangan global menanti keputusan yang bisa mengubah arah adopsi crypto di masa depan.

Langkah Awal Menuju Persetujuan

SEC Amerika Serikat telah memulai proses penerimaan pengajuan dari berbagai bursa, yang merupakan indikasi kuat menuju persetujuan ETF Bitcoin spot. Pada tanggal 5 Januari, amandemen 19b-4 diajukan oleh manajer aset ternama seperti BlackRock, Valkyrie, dan Grayscale.

Proses ini merupakan salah satu tahapan akhir dalam proses persetujuan SEC, namun dokumen S-1 harus lengkap sebelum bursa AS dapat memulai pencatatan saham sekuritas investasi dengan eksposur langsung ke crypto.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Dibalik Penurunan Harga Solana dan Penolakan ETF Bitcoin oleh SEC

Para ahli telah berspekulasi bahwa persetujuan akhir untuk ETF Bitcoin spot bisa terjadi sebelum tanggal 10 Januari. Tanggal ini merupakan tenggat waktu untuk penawaran dari ARK Invest dan 21Shares. Persetujuan ini diharapkan dapat meningkatkan adopsi crypto di AS dan seluruh dunia.

Optimisme dan Skeptisisme Pasar

etf bitcoin dan sec
Sumber: NewsBTC

Eric Balchunas, analis ETF dari Bloomberg, menunjukkan optimisme melalui postingan di X (sebelumnya Twitter) bahwa SEC akan menyetujui ETF Bitcoin pada awal minggu depan. Namun, tidak semua pihak di industri keuangan AS memiliki keyakinan yang sama.

Berdasarkan laporan Cointelegraph tanggal 4 Januari, hanya 39% penasihat keuangan di AS yang percaya ETF Bitcoin akan disetujui tahun ini. Dalam survei yang dilakukan oleh penerbit ETF Bitwise, penasihat keuangan dari seluruh negeri ditanya mengenai ekspektasi mereka terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot.

Dari berbagai peserta yang terdiri dari penasihat investasi terdaftar, perencana keuangan, investor institusional, dan perwakilan wirehouse, hanya 39% yang menjawab “2024” sebagai perkiraan waktu persetujuan.

Harapan Baru bagi Investor Crypto

Dengan semakin dekatnya keputusan SEC, pasar mungkin akan menyaksikan rekor baru dalam sejarah ETF Bitcoin, seperti yang diungkapkan oleh Brett Harrison, mantan presiden FTX US. Hal ini menandakan era baru bagi investor crypto yang telah lama menantikan produk keuangan yang lebih terintegrasi dengan crypto.

Persetujuan ETF Bitcoin spot akan menjadi tonggak penting dalam evolusi pasar crypto dan bisa membawa dampak signifikan terhadap adopsi crypto secara lebih luas.

Paragraf Penutup

Kesimpulannya, dunia keuangan mungkin berada di ambang perubahan besar dengan kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC. Keputusan ini tidak hanya akan mempengaruhi pasar crypto di AS, tetapi juga akan memberikan dampak global yang signifikan terhadap adopsi dan integrasi crypto dalam sistem keuangan tradisional.

Baca Juga: WisdomTree Perbarui Aplikasi ETF Bitcoin, Apakah Ini Waktunya Melonjak?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi