ETF Bitcoin Spot Hong Kong Incar Investor Tiongkok Daratan

ETF Bitcoin Spot Hong Kong Incar Investor Tiongkok Daratan

Jakarta, Pintu News – Perusahaan pengelola dana asal Tiongkok, Harvest Global Investments, yang merupakan salah satu dari tiga penerbit exchange-traded fund (ETF) mata uang kripto spot pertama di Hong Kong, tengah mempertimbangkan untuk memberikan akses langsung kepada investor Tiongkok daratan terhadap produk bitcoin dan ether melalui skema ETF Connect. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETF Connect: Jembatan Investasi Lintas Batas

ETF Connect, yang diluncurkan pada bulan Mei 2022, memungkinkan investor Tiongkok daratan untuk mengakses berbagai ETF terpilih yang terdaftar di Hong Kong. Skema ini merupakan bagian dari program Stock Connect yang lebih besar, yang telah menghubungkan bursa saham Hong Kong dan Shanghai sejak tahun 2014.

Jika ETF kripto dimasukkan dalam skema ini, hal tersebut dapat menjadi dorongan kepercayaan yang signifikan bagi pasar dan menawarkan kumpulan investor baru yang besar untuk produk-produk yang baru lahir ini.

Namun, beberapa pihak mempertanyakan apakah hal ini akan diizinkan mengingat sikap keras Beijing terhadap mata uang kripto. Sebagian besar aktivitas kripto komersial dilarang di Tiongkok daratan, meskipun perdagangan dan kepemilikan di antara individu masih menjadi pertanyaan hukum yang berkelanjutan.

Baca Juga: Coinbase Luncurkan PAC untuk Mendukung Kandidat Pro-Kripto dalam Pemilu AS 2024

Potensi Besar ETF Kripto Hong Kong

potensi kripto hongkong
CEO Harvest, Han Tongli (tengah) berbicara di Bitcoin Asia pada 9 Mei 2024. Sumber: SCMP

CEO Harvest, Han Tongli, yakin bahwa ETF kripto Hong Kong memiliki potensi yang lebih besar dibandingkan dengan produk sejenis di Amerika Serikat. Ia menilai Hong Kong sebagai wilayah yang “lebih netral” dengan daya tarik yang lebih besar di Asia. Menurutnya, ETF kripto lokal dapat tumbuh hingga dua kali lipat dari ukuran produk AS.

Han menolak untuk memberikan kerangka waktu kapan ia memperkirakan tonggak sejarah itu akan tercapai. Ia mengatakan bahwa hal itu tergantung pada kapan Hong Kong berhasil membangun ekosistem aset virtual yang lengkap.

Namun, kota tersebut telah “menabur benih” dengan meluncurkan ETF. Produk lain seperti stablecoin akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan persetujuan peraturan.

Baca Juga: 3 Alasan Trader Mematok Target Harga $800 untuk BNB

ETF Kripto Spot: Target Utama Harvest

Saat ini, tujuan Harvest adalah agar ETF kripto spot-nya menjadi yang terbesar di Hong Kong berdasarkan volume perdagangan pada akhir tahun ini. Perusahaan bersiap untuk menerbitkan produk keuangan yang dijaminkan berdasarkan ETF tersebut.

ETF kripto spot menjadi topik utama pada konferensi Bitcoin Asia selama dua hari, yang dimulai di Hong Kong pada hari Kamis di Kai Tak Cruise Terminal.

Anggota Dewan Legislatif Johnny Ng, yang dikenal karena sikapnya yang mendukung kripto, membuka acara tersebut dengan komentar yang memuji produk keuangan baru tersebut sebagai “tonggak penting dalam pengembangan pasar ETF Hong Kong”.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi