Kemenangan Grayscale di Pengadilan: Apakah SEC Akan Menyetujui ETF Bitcoin Spot?

Kemenangan Grayscale di Pengadilan: Apakah SEC Akan Menyetujui ETF Bitcoin Spot?

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan dunia crypto, Pengadilan Banding AS telah memerintahkan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) untuk meninjau kembali aplikasi Grayscale untuk ETF Bitcoin Spot. Keputusan ini telah menimbulkan spekulasi besar tentang masa depan ETF Bitcoin dan bagaimana SEC mungkin merespons. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pengadilan Mendukung Grayscale

pengadilan mendukung grayscale
Sumber: Coingape

Pengadilan Banding AS memerintahkan SEC untuk meninjau kembali aplikasi Grayscale untuk ETF Bitcoin Spot. Keputusan ini didasarkan pada kesamaan antara proposisi Grayscale dan ETF Bitcoin futures yang sudah disetujui sebelumnya.

Grayscale berpendapat bahwa produk mereka memiliki karakteristik yang sama dengan ETF Bitcoin futures yang sudah disetujui, sehingga tidak seharusnya menghadapi hambatan yang tidak perlu. Sebagai tanggapan, perusahaan tersebut mengajukan kembali aplikasinya melalui pengajuan S-3 yang dipercepat.

Meskipun pengadilan telah memberikan dukungan, masih ada ketidakpastian tentang langkah selanjutnya dari SEC. Badan regulasi ini dikenal dengan pemeriksaannya yang teliti dan masih memiliki wewenang untuk menemukan alasan baru untuk penolakan.

Baca Juga: Grayscale Membuat Langkah Besar dengan Mengonversi Ethereum Trust ke ETF Spot

Bukan Hanya Grayscale yang Berburu Persetujuan

Grayscale bukan satu-satunya perusahaan yang berusaha mendapatkan persetujuan ETF Bitcoin Spot dari SEC. Raksasa industri lainnya seperti BlackRock dan Fidelity juga telah mengajukan permohonan serupa.

Ketua SEC, Gary Gensler, mengakui bahwa agensinya telah menerima banyak pengajuan, namun tidak memberikan komentar spesifik mengenai kasus Grayscale. Dia menekankan bahwa setiap proposal akan menjalani proses tinjauan yang ketat.

Dengan banyaknya pengajuan yang masuk, SEC kini berada dalam posisi untuk menavigasi lanskap aplikasi yang kompleks, dengan menyeimbangkan inovasi pasar dengan perlindungan konsumen.

Baca Juga: Keputusan Besar SEC Terkait Bitcoin ETF Grayscale: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Dampak Terhadap Pasar Bitcoin

Setelah pengungkapan Grayscale dan penambahan IBTC oleh Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC), nilai bitcoin meningkat tajam. Saham GBTC juga mengalami kenaikan signifikan.

Kenaikan ini menunjukkan bahwa pasar merespons positif terhadap perkembangan terbaru dalam kasus Grayscale dan SEC.

Namun, masih harus dilihat bagaimana keputusan SEC nantinya akan mempengaruhi pasar Bitcoin secara keseluruhan, terutama dengan banyaknya aplikasi ETF Bitcoin lain yang sedang menunggu keputusan.

Dengan mata dunia crypto tertuju pada SEC, keputusan mereka mengenai aplikasi Grayscale akan memiliki dampak besar pada industri. Apapun hasilnya, ini akan menjadi momen penting dalam sejarah ETF Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: