ETF Bitcoin Spot Pertama Uni Eropa Resmi Diluncurkan di Bursa Amsterdam!

author:

ETF Bitcoin Spot Pertama Uni Eropa Resmi Diluncurkan di Bursa Amsterdam!

Eropa telah mencapai tonggak sejarah dengan peluncuran ETF (Exchange Traded Fund) Bitcoin Spot pertama di Euronext Amsterdam. Produk inovatif ini, yang dikeluarkan oleh Jacobi Asset Management berbasis di London, menandai langkah besar dalam adopsi Bitcoin di kalangan investor institusional.

Detail ETF Bitcoin Spot Jacobi

ETF yang dikenal sebagai Jacobi FT Wilshire Bitcoin ETF telah resmi diluncurkan setelah penundaan satu tahun karena kondisi pasar yang tidak menguntungkan. ETF ini akan diperdagangkan dengan tanda ‘BCOIN’.

ETF Bitcoin Jacobi FT Wilshire sekarang sudah diperdagangkan – Sumber: Euronext Amsterdam

Lebih lanjut, ETF ini memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur ke pasar Bitcoin tanpa memiliki atau memiliki hak asuh atas aset yang mendasarinya. Selain itu, Fidelity Digital Assets akan menangani elemen penyimpanan dari ETF BCOIN.

Baca juga: Persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC: Apa Kata Para Ahli dan Bagaimana Masa Depan Harga Bitcoin 2023?

Menurut laporan, Jacobi menyoroti sifat ramah lingkungan dari dana ini dengan menambahkan sertifikat energi terbarukan (REC) ke ETF. Ini memungkinkan investor untuk memverifikasi klaim ramah lingkungan dari dana tersebut.

Eropa vs Amerika Serikat: Siapa yang Lebih Maju?

Sementara Eropa telah meluncurkan ETF Bitcoin Spot, regulator AS masih menunda persetujuan serangkaian aplikasi ETF Bitcoin Spot serupa dari manajer aset besar seperti BlackRock dan Fidelity.

Martin Bednall, CEO Jacobi, menekankan pendekatan progresif Eropa terhadap produk investasi cryptocurrency sebagai katalis potensial untuk adopsi lebih lanjut. Meskipun demikian, banyak pihak di AS tetap optimis tentang potensi persetujuan ETF Bitcoin Spot, terutama dengan aplikasi dari pemain besar seperti BlackRock dan Fidelity.

Baca juga: SEC Tunda Keputusan Pengajuan ETF Bitcoin Ark Invest dan 21Shares, Ada Apa?

Apa yang Membedakan ETF Spot dari ETF Lainnya?

Peluncuran ETF Bitcoin Jacobi mengikuti debut ETF Ekuitas Bitcoin di Euronext Amsterdam oleh Melanion Capital pada Juni 2023. ETF ini dirancang untuk melacak Indeks Eksposur Bitcoin Melanion, yang merupakan keranjang khusus saham Eropa dan Amerika yang erat kaitannya dengan harga pasar BTC. Baca selengkapnya di Semakin Dilirik, ETF Bitcoin Kini Meluncur di Bursa Saham Amsterdam!

Berbeda dengan ETF spot, investor mendapatkan eksposur ke dana yang terdiri dari saham dari perusahaan dengan investasi Bitcoin yang signifikan, bursa cryptocurrency, dan operasi penambangan. Ini termasuk perusahaan teknologi seperti MicroStrategy, yang memiliki lebih dari 140.000 BTC, serta perusahaan penambangan Bitcoin besar seperti Riot, Marathon Digital, dan Hut8.

Pada akhirnya, peluncuran ETF Bitcoin Spot pertama di Eropa menandai era baru dalam investasi cryptocurrency. Dengan Eropa memimpin jalan dalam inovasi ini, dunia menunggu untuk melihat bagaimana pasar lain, khususnya Amerika Serikat, akan merespons dan mengadopsi teknologi dan produk serupa di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: