Apakah ETF Bitcoin Bisa Menguras Semua BTC di Pasar?

Apakah ETF Bitcoin Bisa Menguras Semua BTC di Pasar?

Pengumuman yang mengejutkan dari seorang pengusaha dan investor crypto, Lark Davis, pada September 2023 menyatakan bahwa ETF Bitcoin spot yang berbasis di AS berpotensi mengalirkan hingga $30 miliar ke dalam Bitcoin.

Hal ini dapat menyebabkan pembelian hingga 50% Bitcoin yang tersedia di bursa crypto. Namun, para eksekutif dan analis industri sepakat bahwa membeli semua Bitcoin yang beredar bukanlah hal yang mudah.

Teori Monopoli Bitcoin

Leah Wald, CEO Valkyrie, menyatakan bahwa secara teoritis, seseorang atau pemerintah bisa mencoba membeli jumlah Bitcoin yang signifikan. Namun, menguasai semua Bitcoin yang beredar sangat tidak praktis, terlebih masih ada 1,4 juta BTC yang belum ditambang dari total pasokan maksimal 21 juta koin.

Matt Hougan, CIO Bitwise, menambahkan bahwa prinsip kelangkaan akan menyebabkan harga Bitcoin terus meningkat seiring permintaan, sehingga sulit bagi seseorang untuk memonopoli Bitcoin.

Baca Juga: Grayscale Gandeng JPMorgan dan Goldman Sachs untuk ETF Bitcoin!

Samson Mow, CEO Jan3, menegaskan bahwa akan sulit membeli semua Bitcoin yang beredar karena harga yang akan sangat tinggi, terutama jika dipicu oleh produk seperti ETF Bitcoin spot. Ia menjelaskan bahwa harga jual akan meningkat ketika Bitcoin yang tersedia untuk dijual semakin sedikit.

Dampak ETF Bitcoin Spot

X

Meskipun persaingan antara calon ETF Bitcoin spot cukup tinggi, tidak ada yang kemungkinan akan mencoba membeli semua Bitcoin yang beredar, menurut David Gerard, penulis buku dan blog crypto “Attack of the 50 Foot Blockchain”.

ETF merupakan bagian dari penggunaan Bitcoin sebagai turunan dolar, di mana penerbit hanya peduli pada dolar yang bisa mereka dapatkan dari Bitcoin tersebut.

Beberapa eksekutif seperti Arthur Hayes, salah satu pendiri BitMEX, percaya bahwa ETF yang sukses bisa “menghancurkan” Bitcoin sepenuhnya. Sementara itu, Cathie Wood dari ARK Invest berpendapat bahwa beberapa investor mungkin “menjual berita” tentang persetujuan ETF Bitcoin spot dalam jangka pendek.

Namun, ada juga yang berpikir bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot di AS mungkin tidak berdampak besar, mengingat ETF serupa telah diperdagangkan di negara lain seperti Kanada.

Paragraf Penutup

Meskipun ada berbagai pendapat mengenai dampak dari ETF Bitcoin spot, pasar crypto belum pernah menyaksikan injeksi modal dengan potensi sebesar ini. Hal ini menunjukkan bahwa pasar AS memiliki pengaruh yang signifikan dan bisa membawa perubahan besar pada nilai Bitcoin di masa depan.

Baca Juga: Apakah Bitcoin Akan Mengalami Lonjakan? Mata Uang Digital di Ambang Keputusan ETF!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi