Apakah ETF Bitcoin Spot Menjadi Penanda Krisis Pasar Crypto?

Apakah ETF Bitcoin Spot Menjadi Penanda Krisis Pasar Crypto?

Ketika SEC Amerika Serikat menyetujui ETF Bitcoin spot, banyak yang merasa ini adalah langkah bersejarah. Namun, ironisnya, produk keuangan ini justru bertentangan dengan prinsip desentralisasi Bitcoin. Kini, kekhawatiran muncul bahwa keputusan ini bisa memicu bear market baru di dunia crypto. Apakah ini benar-benar awal dari krisis yang lebih dalam?

ETF Bertentangan dengan Prinsip Bitcoin

Gary Gensler, Ketua SEC, melihat persetujuan ETF Bitcoin spot sebagai sebuah ironi. Menurutnya, produk ini membuat aset digital menjadi terpusat dan bisa meningkatkan spekulasi serta volatilitas. Gensler menekankan bahwa Bitcoin masih merupakan aset spekulatif yang sering dikaitkan dengan aktivitas ilegal.

Baca Juga: Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan ETF Bitcoin spot? Ini adalah produk yang memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam Bitcoin tanpa harus memilikinya secara langsung. Namun, Kevin O’Leary, investor crypto terkemuka, skeptis terhadap nilai tambah yang diberikan ETF ini bagi investor jangka panjang.

Bitcoin Sebagai Medium Pertukaran

prediksi harga bitcoin
Generated by AI

Bitcoin awalnya dimaksudkan sebagai medium untuk transaksi online kecil. Namun, ketidakefisienannya dalam biaya tinggi dan proses pembayaran yang rumit telah mengaburkan tujuan awalnya.

Adopsi crypto dan Bitcoin untuk transaksi besar masih terbatas, dan penggunaannya untuk kegiatan rahasia dan ilegal menimbulkan pertanyaan tentang praktikalitasnya sebagai mata uang. Larry Fink, CEO BlackRock, bahkan skeptis terhadap Bitcoin menggantikan mata uang tradisional.

“Saya tidak percaya itu akan menjadi mata uang. Saya percaya itu adalah kelas aset,” ujarnya. Kristalina Georgieva dari IMF juga menyatakan bahwa cryptocurrency seperti Bitcoin sebaiknya tidak dianggap sebagai “uang” dalam pengertian konvensional.

Sejarah Menunjukkan Puncak Pasar

Peluncuran ETF Bitcoin spot mungkin menandai awal dari bear market baru. Analis teknikal dengan nama samaran Crypto Con menunjukkan bahwa ada korelasi antara peristiwa besar di dunia crypto dan perubahan pasar kritis.

Contohnya, peluncuran kontrak futures Bitcoin CME pada Desember 2017 dan IPO Coinbase pada April 2021, keduanya bertepatan dengan puncak pasar. Kamu mungkin bertanya, apakah ini berarti kita harus bersiap untuk masa sulit di pasar crypto?

Sejarah telah menunjukkan bahwa pasar crypto sangat sensitif terhadap perkembangan penting. Oleh karena itu, pengenalan ETF Bitcoin spot bisa menjadi sinyal untuk strategi perdagangan yang lebih hati-hati.

Paragraf Penutup

Persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC mungkin terlihat sebagai langkah maju, namun ironisnya, ini bisa menjadi pemicu bear market baru.

Dengan mempertimbangkan sejarah dan kekhawatiran dari para pemimpin industri, kamu mungkin ingin memikirkan kembali strategi investasi crypto kamu. Apakah ini saatnya untuk berhati-hati atau justru peluang untuk berinvestasi?

Baca Juga: Keuntungan Melonjak, Ini Deretan ETF Blockchain Terbaik 2023!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi