ETF Bitcoin Spot Catat ATH Baru $680 Juta, Seiring Kenaikan Harga BTC!

ETF Bitcoin Spot Catat ATH Baru $680 Juta, Seiring Kenaikan Harga BTC!

Pasar mata uang kripto kembali bergairah dengan adanya lonjakan harga Bitcoin (BTC) baru-baru ini. Hal ini turut berdampak pada ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat yang mencatat rekor tertinggi sepanjang masa (ATH) dengan aliran masuk dana harian sebesar $676,8 juta. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin Spot AS Raih ATH Baru

arus masuk bitcoin etf
Arus masuk modal harian dalam ETF Bitcoin spot AS. Sumber: farside.co.uk

Pada tanggal 28 Februari, ETF Bitcoin spot di AS berhasil menarik investasi senilai hampir $680 juta. Dari 10 pemain yang disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), aliran masuk harian tersebut berasal dari lima ETF, yaitu iShares Bitcoin Trust ($612,1 juta), Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund ($245,2 juta), Bitwise Bitcoin ETF ($9,9 juta), ARK 21Shares Bitcoin ETF ($23,8 juta), dan WisdomTree Bitcoin ETF ($2,2 juta).

Namun, Grayscale Bitcoin Trust justru mencatat arus keluar sebesar $216,4 juta, sehingga total aliran masuk berkurang dari $893,2 juta menjadi $676,8 juta. Sejak 12 Februari, pasar ETF Bitcoin spot di AS telah membukukan aliran masuk kumulatif sebesar $7,4 miliar. Sebaliknya, pasar telah kehilangan lebih dari $7,8 miliar akibat peristiwa arus keluar besar-besaran dari Grayscale.

iShares Bitcoin Trust tetap menjadi kontributor terbesar bagi ETF Bitcoin di AS dengan total aliran masuk sebesar $7,15 miliar hingga 28 Februari. Total aliran masuk ke ETF Bitcoin spot telah mencapai hampir $7,4 miliar hingga saat ini.

Baca Juga: Bitcoin Akan Tembus $200.000?! Ini Dia Prediksi Mengejutkan dari Analis Terkemuka, Peter Brandt!

Sentimen Positif Investor Bitcoin di Australia Meningkat

sumber masuk kumulatif
Arus masuk kumulatif ETF Bitcoin Spot per 28 Februari. Sumber: Sumber: farside.co.uk

Peristiwa bullish kripto di satu wilayah dapat berdampak positif di seluruh dunia. Sebuah survei terbaru yang melibatkan 2.100 responden menunjukkan bahwa minat ritel Australia terhadap Bitcoin telah meningkat setelah persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat pada bulan Januari.

Sentimen Bitcoin di Australia, yang merupakan metrik yang menentukan sentimen investor saat ini berdasarkan peristiwa perdagangan dan kondisi pasar, meningkat sebesar 25% setelah persetujuan ETF BTC spot, sementara tingkat adopsi juga sedikit meningkat pada tahun 2024.

CEO Independent Reserve, Adrian Przelozny, mengatakan bahwa “sentimen telah berubah secara nyata” dan menambahkan, “Kita telah memasuki fase optimisme dan pertumbuhan baru.” Meskipun sepertiga responden menunjukkan minat untuk berinvestasi dalam Bitcoin dalam jangka panjang, mereka terbagi dalam hal apakah mereka lebih suka mengakses Bitcoin melalui bursa kripto atau ETF.

Kesimpulan

Lonjakan harga Bitcoin baru-baru ini telah membawa dampak positif pada pasar ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat. Dengan aliran masuk dana harian sebesar $676,8 juta, ETF Bitcoin spot mencatat rekor tertinggi sepanjang masa. iShares Bitcoin Trust tetap menjadi pemain dominan di pasar dengan kontribusi terbesar sebesar $7,15 miliar. Sentimen positif investor Bitcoin di Australia juga meningkat setelah persetujuan ETF Bitcoin spot di AS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi