Investor Serbu ETF Bitcoin, Catatkan $1,4 Miliar dalam Dua Hari Perdagangan!

Investor Serbu ETF Bitcoin, Catatkan $1,4 Miliar dalam Dua Hari Perdagangan!

Dalam dunia investasi yang penuh dinamika, kehadiran ETF Bitcoin spot terbaru telah menciptakan gelombang besar dengan menarik dana sebesar $1,4 miliar hanya dalam dua sesi perdagangan. Fenomena ini tidak hanya mengejutkan pasar, tetapi juga menandai babak baru dalam sejarah aset crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin: Ledakan Dana Segar

dana segar etf bitcoin
Sumber: Akun X Eric Balchunas

ETF Bitcoin spot yang baru diluncurkan telah mencatatkan angka yang mengesankan dengan total inflow sebesar $1,4 miliar dalam dua sesi perdagangan pertama mereka. Analis ETF dari Bloomberg, Eric Balchunas, mengungkapkan bahwa terjadi setengah juta transaksi yang menghasilkan volume perdagangan sebesar $3,6 miliar.

Volume perdagangan ini mencakup aliran dana masuk dan keluar dari dana tersebut, yang menunjukkan antusiasme investor yang tinggi terhadap produk investasi crypto ini. Sementara itu, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mengalami outflow sebesar $579 juta setelah pintu penebusan dibuka pasca-persetujuan dari SEC.

Meskipun demikian, setelah dikurangi outflow dari GBTC, total inflow bersih dari produk-produk ini tetap kuat dengan angka $819 juta. Kinerja awal ini sejalan dengan prediksi analis ETF James Seyffart, yang memperkirakan ETF Bitcoin bisa menarik sekitar $10 miliar dalam tahun pertama mereka.

Baca Juga: 4 Crypto yang Harus Dimiliki dan 5 Crypto Jangka Panjang di Tahun 2024!

Perubahan Arah Investasi Bitcoin

Pembukaan penebusan GBTC telah menyebabkan beberapa pemegang saham beralih ke opsi dengan biaya yang lebih rendah. Anthony Scaramucci, pendiri SkyBridge Capital, menyarankan bahwa beberapa pemegang GBTC sedang mencatat kerugian dan beralih ke opsi yang lebih ekonomis.

GBTC sendiri merupakan salah satu pemegang Bitcoin terbesar, dengan mengelola lebih dari $27 miliar aset Bitcoin, menurut data dari platform analitik blockchain Arkham Intelligence. Pada minggu ini, BlackRock’s iShares Bitcoin Trust memimpin dengan total aliran dana sebesar $497,7 juta, diikuti oleh Fidelity Advantage Bitcoin ETF dengan $422,3 juta, dan Bitwise dengan $237,9 juta.

Meskipun harga Bitcoin mengalami penurunan sebesar 6,8% setelah persetujuan ETF, harga saat ini berada di $42.856, menunjukkan volatilitas pasar yang tetap ada.

Baca Juga: 12 Tren Revolusioner di Bullrun Crypto 2024

Transformasi Pasar Keuangan Digital

CEO BlackRock, Larry Fink, telah menyatakan bahwa Bitcoin lebih merupakan tempat penyimpanan kekayaan digital daripada mata uang untuk transaksi sehari-hari. Meskipun demikian, ia tidak menutup mata terhadap potensi Bitcoin sebagai ’emas digital’. Persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC merupakan langkah penting dalam memberikan legitimasi bagi industri yang sering kali dipertanyakan.

Persetujuan ini tidak hanya mengubah cara investor melihat Bitcoin, tetapi juga bagaimana dunia keuangan berinteraksi dengan crypto. ETF Bitcoin spot bukan hanya inovasi baru di pasar investasi, tetapi juga mewakili pergeseran besar dalam persepsi global terhadap crypto. Dengan demikian, masa depan keuangan yang digital, berani, dan mengganggu sudah di depan mata.

Kesimpulan

Kehadiran ETF Bitcoin spot telah membuka babak baru dalam dunia investasi crypto, dengan menarik dana miliaran dolar dalam waktu singkat. Peristiwa ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan investor yang meningkat, tetapi juga menandai era baru bagi pasar keuangan yang semakin digital. Kamu sebagai investor atau pengamat pasar, kini menjadi saksi dari revolusi finansial yang sedang berlangsung.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: