ETF Spot Bitcoin Baru Mengumpulkan 200.000 BTC dalam Waktu Kurang dari Sebulan!

Array

ETF Spot Bitcoin Baru Mengumpulkan 200.000 BTC dalam Waktu Kurang dari Sebulan!

Setelah kurang dari sebulan diperdagangkan, sembilan ETF bitcoin spot yang baru lahir sekarang memegang lebih dari 200.000 BTC dalam aset yang dikelola — tidak termasuk dana GBTC Grayscale yang dikonversi.

Menurut K33 Research, sembilan ETF baru tersebut telah mengumpulkan 203.811 BTC ($9,5 miliar) hingga penutupan kemarin. Diluncurkan pada 11 Januari, ETF ini adalah BlackRock (IBIT), Fidelity (FBTC), Bitwise (BITB), Ark 21Shares (ARKB), Invesco (BTCO), VanEck (HODL), Valkyrie (BRRR), Franklin Templeton (EZBC), dan WisdomTree (BTCW). Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin Spot IBIT BlackRock Memimpin dengan Aset Kelolaan Lebih dari 80.000 BTC

aset kelola etf bitcoin
Bitcoin dipegang oleh ETF baru. Gambar: K33 Research.

ETF bitcoin spot IBIT BlackRock memimpin dengan lebih dari 80.000 BTC ($3,7 miliar) dalam aset yang dikelola, dengan FBTC Fidelity menjadi yang tertinggi kedua di antara dana baru dengan lebih dari 68.000 BTC ($3,2 miliar), menurut data dari BitMEX Research.

Kepemilikan IBIT dan FBTC juga memimpin 25 ETF bayi baru lahir teratas secara keseluruhan setelah satu bulan diperdagangkan, menurut analis ETF Bloomberg Eric Balchunas.

“Berikut adalah daftar 25 ETF teratas berdasarkan aset setelah satu bulan di pasar (dari total 5.535 peluncuran dalam 30 tahun). IBIT dan FBTC berada di liga mereka sendiri dengan masing-masing lebih dari $3 miliar dan mereka masih memiliki waktu dua hari lagi. ARKB dan BITB juga masuk dalam daftar,” kata Balchunas kemarin.

Sebaliknya, aset yang dipegang oleh dana GBTC Grayscale yang dikonversi telah turun hampir 25% dari sekitar 619.000 BTC ($28,8 miliar) menjadi 469.000 BTC ($21,8 miliar) sejak 11 Januari, menurut data CoinGlass.

Baca Juga: Bitcoin Dogs: Pelopor ICO BRC-20 Pertama di Dunia!

IBIT BlackRock Diperdagangkan Lebih Banyak daripada GBTC Grayscale

ibit blackrock etf bitcoin
Aset ETF setelah satu bulan. Gambar: Bloomberg Intelligence.

IBIT BlackRock melampaui dana bitcoin Grayscale dalam volume perdagangan pada hari Kamis, menghasilkan $481,6 juta dibandingkan dengan $373,9 juta GBTC, menurut dasbor data The Block. FBTC Fidelity berada di urutan ketiga dengan volume perdagangan $246,6 juta kemarin.

“Biasanya, dibutuhkan waktu 5-10 tahun bagi yang baru lahir untuk mendekati menggulingkan raja likuiditas suatu kategori. IBIT melakukannya dalam waktu kurang dari sebulan — diperdagangkan lebih banyak daripada GBTC dan BITO hari ini,” kata Balchunas pada hari Kamis.

Pangsa pasar ETF bitcoin spot GBTC berdasarkan volume perdagangan terus turun dalam beberapa hari terakhir, lebih dari setengahnya dari puncak 63,9% pada 17 Januari menjadi 29,1% hingga kemarin, menurut dasbor data The Block.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak ke $46.000 di Tengah Booming ETF dan Peringatan Ekonomi!

ETF Bitcoin Spot Baru Mengguncang Pasar Crypto

Munculnya ETF bitcoin spot telah mengguncang pasar kripto, dengan sembilan dana baru yang mengumpulkan lebih dari 200.000 BTC dalam waktu kurang dari sebulan. ETF ini telah menarik minat investor institusional, yang melihatnya sebagai cara yang lebih aman dan teregulasi untuk mendapatkan eksposur ke bitcoin.

ETF bitcoin spot juga telah meningkatkan persaingan di antara penyedia ETF, dengan BlackRock dan Fidelity memimpin. Kedua perusahaan telah meluncurkan ETF bitcoin spot yang sukses, dan mereka bersaing ketat untuk mendapatkan pangsa pasar.

Keberhasilan ETF bitcoin spot telah menyebabkan beberapa analis memperkirakan bahwa bitcoin dapat mencapai $100.000 pada akhir tahun. Namun, yang lain lebih berhati-hati, dengan mengatakan bahwa pasar kripto masih sangat fluktuatif dan tidak dapat diprediksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array