ETF Bitcoin Spot Memiliki AUM Hampir $100 Juta di Brasil!

author:

ETF Bitcoin Spot Memiliki AUM Hampir $100 Juta di Brasil!

Di tengah menantinya persetujuan ETF Bitcoin di Amerika Serikat, Brasil menunjukkan permintaan yang kuat terhadap kendaraan investasi ini. Dengan lebih dari dua tahun perdagangan, ETF Bitcoin di Brasil telah mengumpulkan aset hingga hampir $100 juta, dipimpin oleh penawaran dari Hashdex.

Kepemimpinan Hashdex dalam Pasar ETF

bitcoin etf hashdex
Sumber: Blockchain Reporter

Hashdex, dengan produk Nasdaq Bitcoin Reference Price FDI (BITH11), mendominasi pasar ETF Bitcoin di Brasil. Dengan aset sebesar $57,8 juta per 21 November 2023, Hashdex memegang sekitar 60% pangsa pasar. Sebagai perbandingan, ETF terbesar di Brasil, iShares Ibovespa Index (BOVA11), memiliki aset sebesar $2,41 miliar, dan yang kedua terbesar, iShares BM&FBOVESPA Small Cap (SMAL11), memiliki $1,19 miliar.

Baca juga: OKX Luncurkan Bursa Crypto Lokal dan Platform Dompet Web3 di Brasil!

Marcelo Sampaio, CEO Hashdex, menyatakan bahwa kesuksesan ETF Bitcoin di Brasil adalah hasil dari regulasi aset digital yang mendukung pasar dan minat yang tumbuh dari institusi besar.

Menurutnya, sentimen positif meningkat di kalangan investor canggih, dan banyak institusi besar mulai mempertimbangkan untuk menambahkan crypto ke dalam portofolio mereka.

Pertumbuhan Aset dan Minat Investor

ETF Bitcoin Hashdex mulai diperdagangkan pada 1 Agustus 2021, dan sejak itu, telah menarik perhatian investor. Hashdex juga menawarkan ETF indeks crypto yang mencakup BTC, ETH, dan cryptos lainnya, yang menarik lebih banyak investasi dibandingkan ETF Bitcoin spot. Gabungan, aset yang dikelola Hashdex terkait crypto saat ini sekitar $500 juta.

Baca juga: Bitcoin Melonjak Pasca Halving Pertama, Apa yang akan Terjadi di 2024?

Di Brasil, ada sekitar 4 juta investor dengan akun di bursa saham B3, dan sekitar 700.000 di antaranya berinvestasi di ETF. Menurut Gui Silva, mitra pengelola di Tagus Capital, sekitar sepertiga dari investor ini mengalokasikan dana ke ETF crypto tahun lalu. Silva menambahkan bahwa biaya ETF di Brasil berkisar antara 0,5% hingga 1,5%, yang dianggap relatif rendah dibandingkan produk lain di pasar.

Pada akhirnya, kesuksesan ETF Bitcoin di Brasil menunjukkan tren yang berkembang dalam investasi crypto. Dengan regulasi yang mendukung dan minat yang meningkat dari investor institusional, Brasil mungkin menjadi contoh bagi negara lain dalam mengadopsi ETF Bitcoin dan aset crypto lainnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: