ETF Bitcoin Solusi Masalah Psikologi yang Menghantui Investor: Investor Tak Lagi Ragu!

ETF Bitcoin Solusi Masalah Psikologi yang Menghantui Investor: Investor Tak Lagi Ragu!

Apakah kamu pernah merasa terintimidasi untuk membeli Bitcoin karena harganya yang tinggi?

Gabor Gurbacs, penasihat VanEck, mengungkapkan bahwa ETF Bitcoin bisa menjadi solusi untuk mengatasi psikologi bias satuan yang sering kali membuat calon investor ragu untuk membeli hanya sebagian dari cryptocurrency tersebut. Dengan ETF, investasi Bitcoin menjadi lebih terjangkau dan menarik bagi banyak orang.

ETF Bitcoin: Obat Ampuh Atasi Rasa Takut Investasi

Gabor Gurbacs menekankan bahwa banyak orang belum menyadari bahwa mereka bisa memiliki sebagian dari Bitcoin. Ia juga menambahkan bahwa ada lebih banyak lagi individu yang lebih suka memiliki aset secara utuh.

ETF Bitcoin yang diusulkan akan memiliki nilai aset bersih (NAV) yang lebih rendah, sekitar $44 per saham, yang membuatnya terlihat lebih terjangkau dibandingkan harga Bitcoin saat ini yang berkisar di $44.000. Dengan harga per saham yang lebih rendah, ETF Bitcoin menawarkan solusi bagi mereka yang terpengaruh oleh psikologi bias satuan.

Baca Juga: BlackRock Siap Pecahkan Rekor dengan ETF Bitcoin Senilai $2 Miliar

Memiliki satu saham penuh dari ETF Bitcoin akan terasa lebih memuaskan daripada memiliki 0,001 Bitcoin. Gurbacs percaya bahwa meskipun ini terdengar sederhana, psikologi bias satuan memiliki pengaruh besar dalam pemahaman pasar.

Harapan Tinggi untuk Persetujuan SEC

barnbridge selesaikan masalah dengan sec
Sumber: The Block

Industri crypto saat ini penuh dengan harapan bahwa SEC akan memberikan lampu hijau untuk ETF Bitcoin spot dalam waktu dekat. Namun, industri jasa keuangan secara umum lebih skeptis terhadap kemungkinan ini.

Dalam survei yang dilakukan oleh Bitwise, hanya 39% dari 437 penasihat keuangan di AS yang mengharapkan persetujuan ETF Bitcoin pada tahun 2024. Laporan terbaru menyebutkan bahwa langkah terakhir untuk debut ETF Bitcoin spot di Wall Street sedang berlangsung.

Manajer aset diharapkan untuk mengajukan revisi akhir pada pagi hari tanggal 8 Januari melalui pengajuan S-1. Mereka diharapkan untuk mengungkapkan biaya yang tersisa dan ticker. Sampai saat ini, BlackRock belum mengungkapkan biaya yang terkait dengan ETF mereka.

Psikologi Pasar dan Pengaruhnya Terhadap Investasi

Gurbacs mengakui bahwa debat mengenai psikologi bias satuan bukanlah hal baru. Namun, ia berargumen bahwa memahami bias ini merupakan salah satu alat yang paling berharga dalam memahami pasar. Psikologi bias satuan, meskipun terdengar sederhana, dapat mempengaruhi keputusan investasi seseorang secara signifikan.

ETF Bitcoin, dengan struktur harga yang lebih terjangkau, dapat mengubah persepsi investasi dalam crypto. Ini membuka peluang bagi lebih banyak orang untuk terlibat dalam pasar crypto tanpa merasa terbebani oleh harga Bitcoin yang tinggi. Gurbacs yakin bahwa dengan mengatasi hambatan psikologis ini, ETF Bitcoin dapat membawa gelombang baru investor ke dalam pasar.

Paragraf Penutup

ETF Bitcoin mungkin menjadi kunci untuk membuka pintu bagi investor crypto yang ragu-ragu karena psikologi bias satuan.

Dengan harga per saham yang lebih rendah dan kesempatan untuk memiliki aset secara utuh, ETF Bitcoin menawarkan cara yang lebih mudah dan psikologis memuaskan untuk mendapatkan eksposur ke pasar crypto. Apakah ini akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh industri crypto?

Baca Juga: Bitcoin Terancam Jatuh? SEC Bisa Tolak ETF Spot Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi