Investasi Bitcoin Melonjak: ETF Kumpulkan 95.000 BTC dalam Waktu Singkat!

Investasi Bitcoin Melonjak: ETF Kumpulkan 95.000 BTC dalam Waktu Singkat!

Dalam dunia investasi crypto, terjadi fenomena menarik yang patut kamu perhatikan. Dua ETF Bitcoin baru-baru ini telah mengumpulkan dana yang sangat besar, dengan total hampir mencapai 95.000 Bitcoin dalam waktu hanya enam hari. Kejadian ini menandakan minat yang tinggi dari investor terhadap aset digital ini, dengan nilai AUM mendekati angka $4 miliar.

ETF Fidelity dan BlackRock Pimpin Pasar

ETF Fidelity (FBTC) dan iShares Bitcoin Trust dari BlackRock (IBIT) telah menjadi sorotan dengan aliran dana masuk yang signifikan. Kedua ETF ini berhasil menarik lebih dari $1,2 miliar dalam enam hari perdagangan pertama mereka.

Meskipun FBTC memiliki aliran masuk yang sedikit lebih tinggi, IBIT saat ini memiliki AUM yang lebih besar, yaitu $1,4 miliar dibandingkan dengan Fidelity Investment yang hampir $1,3 miliar. ETF lainnya juga tidak ketinggalan dalam persaingan ini.

Baca Juga: Penurunan Drastis Bitcoin Setelah Debut ETF, Apa Penyebabnya?

Invesco ETF, misalnya, mencatat pertumbuhan yang stabil dan mencapai hari terbaiknya dengan aliran masuk lebih dari $63 juta pada Jumat, 19 Januari. Sementara itu, ETF VanEck juga mencatat hari terbaiknya pada hari yang sama, dengan total AUM yang kini telah melewati angka $100 juta.

Grayscale Tergerus, ETF Baru Mendominasi

grayscale bitcoin trust
Sumber: U Today

Data yang diungkapkan oleh Eric Balchunas dari Bloomberg menunjukkan bahwa aliran dana ke ETF Bitcoin baru telah melampaui aliran keluar dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). GBTC mengalami penurunan AUM sebesar $2,8 miliar selama enam hari perdagangan pertama ETF baru.

Ini menandakan pergeseran preferensi investor ke produk investasi crypto yang lebih baru. Pada hari perdagangan kelima, ETF Bitcoin ini berhasil mengumpulkan $440 juta dalam Bitcoin dari investor crypto.

BlackRock’s IBIT memimpin dengan 8.700 BTC, yang bernilai hampir $358 juta. Data tersebut menunjukkan bahwa sembilan ETF, tidak termasuk Grayscale, telah mengakuisisi hampir 68.500 BTC, yang bernilai sekitar $2,8 miliar, sejak mereka diluncurkan.

Paragraf Penutup

Kesuksesan ETF Bitcoin ini menunjukkan bahwa minat terhadap investasi crypto terus berkembang, dengan investor mencari cara baru untuk memasukkan Bitcoin ke dalam portofolio mereka.

Dengan pertumbuhan yang cepat ini, ETF Bitcoin mungkin akan terus menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin terlibat dalam pasar crypto dengan cara yang lebih terstruktur dan diatur.

Baca Juga: Wow, ETF Bitcoin Raup 95.000 BTC dalam Waktu Singkat!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi