ETF Bitcoin Pertama di AS Resmi Diluncurkan, Mengapa Ini Begitu Penting?

author:

ETF Bitcoin Pertama di AS Resmi Diluncurkan, Mengapa Ini Begitu Penting?

Kabar gembira bagi para penggemar crypto, SEC Amerika Serikat baru saja menyetujui ETF Bitcoin pertama, sebuah langkah besar yang telah lama dinantikan.

Keputusan ini tidak hanya membuka pintu bagi investor tradisional, tetapi juga menandai era baru legitimasi crypto di mata dunia keuangan mainstream.

Mengapa ETF Bitcoin Begitu Penting?

Persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC AS bukan hanya sekedar berita biasa, ini adalah tonggak sejarah yang mengubah pandangan dunia terhadap crypto. Dengan adanya ETF ini, Bitcoin kini semakin diakui dan dipercaya sebagai aset investasi yang sah.

Baca juga: Kompetisi Intens Tarif ETF Bitcoin: BlackRock, Ark Invest, dan Bitwise Pangkas Biaya Gila-gilaan!

ETF ini juga menawarkan alternatif bagi kamu yang ingin terlibat dalam pergerakan harga Bitcoin tanpa harus menghadapi risiko dan kerumitan kepemilikan langsung. ETF Bitcoin yang disetujui SEC akan terdaftar di bursa besar seperti Nasdaq dan NYSE, dan akan didukung oleh Bitcoin fisik.

Fenomena ini memberikan keamanan lebih bagi investor karena ETF beroperasi di bawah pengawasan ketat bursa saham. Dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan produk ETF lainnya, ini menjadi pilihan menarik bagi investor yang ingin terjun ke dunia crypto.

Perbandingan Membeli Bitcoin Langsung dan ETF

Membeli Bitcoin secara langsung mungkin terdengar menarik, namun ETF Bitcoin menawarkan kemudahan dan keamanan yang tidak bisa kamu dapatkan dari kepemilikan langsung.

ETF menghilangkan kebutuhan untuk mengelola dompet crypto dan berurusan dengan bursa crypto, yang terkadang rentan terhadap serangan siber. ETF Bitcoin beroperasi dalam lingkungan yang diatur, memberikan akses mudah melalui akun broker yang sudah dimiliki oleh investor ritel.

Berbeda dengan Bitcoin langsung, ETF Bitcoin memungkinkan investor institusional yang memiliki pembatasan dalam investasi aset alternatif untuk ikut serta. ETF ini juga berbeda dari ETF Bitcoin berjangka yang disetujui SEC pada tahun 2021, yang cenderung tidak mencerminkan pergerakan harga Bitcoin secara akurat dan memiliki biaya tambahan yang dapat mempengaruhi pengembalian investasi.

Baca juga: Bitcoin Mendekati Puncak Keuntungan Sepanjang Masa: 91% Pasokan Kini Menguntungkan!

Prospek ETF Bitcoin dan Crypto Kedepannya

crypto naik hari ini

Dengan persetujuan ETF Bitcoin, banyak yang bertanya-tanya apakah ETF Ether akan menjadi langkah selanjutnya. Hal ini menunjukkan bahwa SEC mungkin mulai lebih terbuka terhadap produk crypto lainnya.

Analis pasar memprediksi bahwa persetujuan ETF Bitcoin akan membawa dampak positif bagi perusahaan seperti Coinbase dan juga bagi para penambang Bitcoin. Persetujuan ETF Bitcoin juga diharapkan dapat meningkatkan adopsi crypto oleh investor institusional.

Dengan infrastruktur yang lebih matang dan regulasi yang lebih jelas, masa depan crypto tampaknya akan semakin cerah. Ini adalah momen bersejarah yang menandai penerimaan Bitcoin sebagai aset investasi yang layak di pasar global.

Secara keseluruhan, persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC AS merupakan langkah monumental yang tidak hanya menguntungkan investor, tetapi juga menegaskan posisi crypto sebagai bagian dari ekosistem keuangan global. Ini adalah awal dari babak baru dalam sejarah crypto, di mana Bitcoin dan aset digital lainnya semakin mendapatkan tempat di hati para investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: