ETF Bitcoin Hong Kong Tak Bisa Dibeli Investor Mainland China, Ada Apa?

ETF Bitcoin Hong Kong Tak Bisa Dibeli Investor Mainland China, Ada Apa?

Jakarta, Pintu News – Pemerintah China melarang warganya untuk bertransaksi mata uang crypto sejak beberapa tahun lalu. Larangan ini juga berlaku untuk ETF Bitcoin dan Ether yang akan segera diluncurkan di Hong Kong.

ETF Bitcoin dan Ether Spot Akan Segera Meluncur di Hong Kong

Menurut analis data Bloomberg, Jack Wang, peluncuran ETF Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) spot di Hong Kong tidak akan membuka pasar bagi investor di mainland China. Tiga perusahaan pengelola aset China, termasuk China Asset Management, Harvest Global Investments, dan Bosera, telah menyiapkan ETF crypto spot melalui anak perusahaan mereka di Hong Kong pada tanggal 30 April.

Baca Juga: Token W dari Wormhole Meluncur di Beberapa Blockchain, Mengubah Cara Interaksi Blockchain!

Meskipun penerbit ETF memiliki hubungan dekat dengan mainland China, mereka tidak akan dapat memberikan eksposur Bitcoin atau Ether kepada investor di yurisdiksi tersebut. “Warga negara mainland China tidak akan dapat berpartisipasi dalam hal ini,” kata Wang pada tanggal 24 April selama webinar Bloomberg yang membahas tentang persetujuan ETF crypto spot di Hong Kong.

Larangan Transaksi Crypto di Mainland China Masih Berlaku

china dominasi ai global
Generated by AI

Wang mengutip pernyataan dari Dewan Negara China yang dikeluarkan pada bulan September 2021, yang menunjukkan bahwa lembaga keuangan mana pun tidak diperbolehkan membuat akun, mentransfer dana, atau menyediakan kliring untuk transaksi terkait crypto apa pun.

“Jadi, bahkan untuk ETF crypto berbasis futures yang terdaftar di Hong Kong — saya sebenarnya mencoba melakukan perdagangan — para pialang akan langsung menolak perdagangan tersebut,” kata Wang, seraya menambahkan bahwa investor China tidak akan dapat berhubungan dengan produk ini sama sekali dalam jangka pendek.

Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa peluncuran ETF Bitcoin dan Ether spot di Hong Kong tidak akan berdampak positif pada lingkungan regulasi di China dan tidak akan membuka pasar crypto bagi investor China. “Saya akan mengatakan itu 100% tidak akan terjadi,” kata analis tersebut.

ETF Bitcoin AS Lebih Unggul Dibanding ETF Hong Kong

Analis data Bloomberg, Jack Wang, mengatakan bahwa persetujuan ETF Bitcoin dan Ether spot di Hong Kong tidak akan membuka akses pasar bagi investor dari China. Meskipun penerbit ETF memiliki hubungan dekat dengan mainland China, mereka tidak akan dapat menawarkan eksposur Bitcoin atau Ether kepada investor di yurisdiksi tersebut.

Thomas Zhu, kepala aset digital di China Asset Management yang berbasis di Hong Kong, mengatakan bahwa kemungkinan investor China untuk mengakses ETF Bitcoin di Hong Kong bergantung pada perubahan peraturan di masa mendatang. Hong Kong sedang memposisikan diri sebagai pusat penting untuk pasar mata uang crypto meskipun ada tantangan pasar yang lebih luas dan peraturan ketat China.

Baca Juga: Metaverse: Peluang dan Tantangan bagi Anak-anak di Uni Eropa

Baru-baru ini, Hong Kong telah bergerak untuk membuka perdagangan crypto bagi investor crypto ritel dan telah memberikan lisensi pertukaran pertama kepada perusahaan seperti HashKey dan OSL Digital Securities, menandakan penerimaan institusional yang kuat terhadap mata uang crypto di bawah kondisi yang diatur.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi