ETF Bitcoin Kembali Bergairah: Fidelity Ungguli BlackRock dalam Pertarungan Inflow!

author:

ETF Bitcoin Kembali Bergairah: Fidelity Ungguli BlackRock dalam Pertarungan Inflow!

Jakarta, Pintu News – Setelah mengalami aliran keluar dana yang signifikan, ETF Bitcoin spot kembali mencatatkan inflow bersih positif pada Senin, 25 Maret 2024, dengan ETF FBTC milik Fidelity mengungguli IBIT dari BlackRock dalam total inflow selama periode ini.

Apakah ini pertanda kebangkitan minat investor terhadap Bitcoin?

Kembalinya Inflow Bersih ETF Bitcoin

arus masuk bitcoin etf fidelity dan blackrock
Sumber: CoinPedia

Dilansir dari Coingape, pada Senin (25/3/24), Fidelity muncul sebagai pemenang yang jelas dengan FBTC-nya mencatatkan inflow sebesar $261 juta.

Baca juga: Misteri Biaya Tinggi ETF Bitcoin Grayscale: Strategi atau Kesalahan Perhitungan?

Di sisi lain, IBIT dari BlackRock menerima respons yang lebih kecil dengan inflow sebesar $35 juta.

Sementara itu, aliran keluar dari ETF Bitcoin Grayscale GBTC tetap kuat dengan $350 juta pada Senin. Namun, beberapa analis pasar telah mengharapkan bahwa aliran keluar GBTC ini akan melambat pada akhirnya.

Strategi Bloomberg James Seyffart mengaitkan aliran keluar baru-baru ini dengan kebangkrutan, terutama berasal dari penjualan oleh Gemini dan Genesis.

Permintaan Kuat untuk ETF BTC dari Bank AS

Menurut QCP Capital, meja kekayaan di bank-bank besar mengalami lonjakan permintaan yang signifikan dari klien untuk ETF spot Bitcoin (BTC).

Selain itu, terjadi peningkatan permintaan untuk produk terstruktur seperti Accumulators dan FCNs (Financial Contracts for Differences).

Lonjakan permintaan untuk ETF spot BTC menunjukkan minat yang tumbuh di antara investor untuk mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin melalui instrumen keuangan tradisional.

Lebih lanjut, manajer aset dilaporkan menambahkan alokasi BTC ke portofolio sebagai sarana diversifikasi, menyoroti potensi mata uang kripto sebagai kelas aset alternatif.

Baca juga: BlackRock Menambahkan Kepemilikan Bitcoin Jadi 242 Ribu di Tengah Rekor Arus Keluar ETF!

Harga Bitcoin Melonjak di Tengah Inflow ETF

Pada Senin (25/3/24), harga Bitcoin memantul kembali melewati $70.000 di tengah inflow bersih ke ETF. Saat penulisan (26/3/24), BTC diperdagangkan naik 5,5% menjadi $70.533 dengan kapitalisasi pasar sebesar $1,387 triliun.

Secara keseluruhan. dengan inflow bersih ETF Bitcoin yang kembali positif dan Fidelity yang mengungguli BlackRock, pasar crypto mungkin menyaksikan kebangkitan minat terhadap Bitcoin.

Apakah ini akan menjadi awal dari tren baru atau hanya pemulihan sementara?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: