ETF Bitcoin Fidelity Catat Rekor Arus Masuk Harian Terbesar Sejak Peluncuran!

ETF Bitcoin Fidelity Catat Rekor Arus Masuk Harian Terbesar Sejak Peluncuran!

ETF Bitcoin Fidelity, Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC), mencatatkan rekor jumlah arus masuk harian terbesar pada hari Senin, menyerap dana sebesar $404,6 juta yang digunakan untuk membeli lebih banyak Bitcoin (BTC). Sebagai perbandingan, hari terkuat kedua dana tersebut sejauh ini adalah pada tanggal 17 Januari, hari keempat perdagangan aktifnya, ketika menerima arus masuk sebesar $358 juta.

Sebagian besar hari selain itu tidak menghasilkan lebih dari $200 juta untuk dana tersebut, meskipun rentetan arus masuk yang tidak berhenti-henti tetap tidak terputus sejak 11 Januari. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Hari Besar Bagi ETF Bitcoin Fidelity

Menurut BitMEX Research, Fidelity kini telah menerima arus masuk sebesar $5,2 miliar dan memegang total simpanan BTC senilai $7,49 miliar. Semua data masuk. Hari yang sangat kuat dengan arus masuk bersih +$562 juta. Fidelity sangat kuat dengan hari rekor Bukan hari terbaik untuk keragaman, dengan pemain yang lebih kecil BTCO, HODL & BTCW semuanya mengalami arus keluar. Namun, keberhasilan Fidelity masih belum cukup untuk mengalahkan BlackRock’s iShares Bitcoin Trust (IBIT), yang membukukan $420,1 juta pada hari Senin.

etf bitcoin flow
Sumber: Akun X Bitmex Research

Secara total, arus masuk ke kedua dana tersebut jauh mengungguli tekanan jual dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) senilai $368 juta, berkontribusi pada arus masuk bersih harian senilai $562,7 juta. Sejak diluncurkan pada 11 Januari, ETF Bitcoin melampaui AUM sebesar $50 miliar pada hari Selasa, setelah dimulai dengan hanya di bawah $30 miliar dengan simpanan Grayscale disertakan.

Arus masuk baru ke dalam dana telah menghasilkan $7,9 miliar baru bersih, dengan sisa keuntungan mereka berasal dari apresiasi harga Bitcoin. Secara keseluruhan, sembilan ETF Bitcoin baru – tidak termasuk Grayscale – telah menerima lebih dari $17 miliar arus masuk bersih. Sebagai konteks, ETF emas pertama di dunia membutuhkan waktu dua tahun untuk menyerap arus masuk sebesar $10 miliar.

Baca Juga: BlackRock Sebut Bitcoin Sebagai ‘Kemajuan’ dalam Iklan ETF Bitcoin Spot Terbaru

Emas dan Bitcoin Capai Rekor Tertinggi Baru

Harga emas mencapai rekor tertinggi baru $2.140 per ons pada hari Selasa. Meskipun harga Bitcoin juga sempat menyentuh rekor tertinggi baru $69.200, aset tersebut telah runtuh kembali ke $63.100 pada saat penulisan di tengah likuidasi pasar kripto besar-besaran.

“Momen besar bagi Bitcoin tetapi saya berpendapat momen yang sama besarnya untuk ETF,” kata analis ETF Bloomberg Eric Balchunas mengenai rekor tertinggi aset tersebut. Menurut analisisnya, kenaikan Bitcoin dari $25.000 sejak Juni 2023 terutama disebabkan oleh hype seputar ETF, dan arus masuk aktual ke dalam dana setelah diluncurkan.

“ETF (dan ekosistemnya) sangat bagus dalam mengambil sesuatu dan membuatnya likuid, murah, nyaman, dan terstandarisasi,” lanjutnya. “Baik ETF dan bitcoin saling menguntungkan satu sama lain.”

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Catat ATH Baru $680 Juta, Seiring Kenaikan Harga BTC!

ETF Bitcoin Menunjukkan Minat Institusional yang Kuat

minat etf bitcoin
Sumber: Akun X Eric Balchunas

ETF Bitcoin telah mengalami lonjakan aktivitas yang signifikan, mencerminkan sentimen pasar yang lebih luas dan minat institusional yang besar. Arus masuk baru-baru ini ke ETF Bitcoin mencapai total $563 juta pada tanggal 4 Maret, setara dengan sekitar 8.338 Bitcoin. BlackRock’s IBIT mencatat arus masuk tambahan sebesar $420 juta, meningkatkan total arus masuk bersih mereka menjadi $8,4 miliar yang mengesankan dan memegang 170.838 Bitcoin.

Demikian pula, FBTC Fidelity mencatat arus masuk besar-besaran sebesar $405 juta, menandai hari arus masuk bersih terkuat sejak didirikan dan membawa total arus masuk bersihnya menjadi $5,2 miliar, saat ini memegang 107.905 Bitcoin.

Sementara itu, BITB Bitwise melaporkan arus masuk bersih yang signifikan sekitar $91 juta – hari arus masuk bersih tertinggi ketiga mereka, meningkatkan total arus masuk bersih mereka menjadi $1,3 miliar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi