Hari Pertama Debut, ETF Bitcoin dan Ethereum Hong Kong Dicap Gagal, Kenapa?

author:

Hari Pertama Debut, ETF Bitcoin dan Ethereum Hong Kong Dicap Gagal, Kenapa?

Jakarta, Pintu News – Investasi dalam crypto semakin diminati di seluruh dunia. Hari ini, 30 April 2024, menjadi tonggak sejarah bagi pasar keuangan Asia dengan peluncuran exchange-traded funds (ETFs) pertama untuk Bitcoin dan Ethereum di Hong Kong.

Meski sangat dinantikan kehadirannya, ETF bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) Hong Kong dikabarkan gagal melejit pada debut perdagangannya di Hong Kong. Pasalnya, voluem perdagangannya jauh di bawah ekspektasi awal.

Volume Perdagangan ETF Bitcoin dan Ethereum Hong Kong Hanya Capai $12 Juta

Akhirnya, ETF Bitcoin dan Ethereum spot meluncur di pasar Hong Kong, tetapi volume perdagangan di hari debutnya ini (30/4/24) menunjukkan bahwa peluncuran spot Bitcoin ETF di Amerika Serikat menetapkan standar yang sangat tinggi untuk diikuti.

Baca juga: Arus Masuk Bitcoin ETF Melambat, Jeda Sementara atau Awal Tren Negatif?

Peluncuran spot Bitcoin exchange-traded funds (ETFs) di Amerika Serikat ternyata sulit diikuti karena ETF Bitcoin dan Ethereum baru di Hong Kong mencapai volume perdagangan sebesar $12 juta.

Total volume perdagangan enam ETF crypto baru pada penutupan hari pertama di Hong Kong adalah 87,58 juta dolar Hong Kong ($12 juta). Angka ini kalah jauh dibandingkan dengan volume perdagangan hari pertama ETF spot Bitcoin di Amerika Serikat, yang bernilai $4,6 miliar.

Performa dan Minat ETF Bitcoin & Ethreum Hong Kong Relatif Datar

Sumber: HKEX

Data yang dibagikan oleh Bursa Saham Hong Kong (HKEX) menyoroti performa dan minat yang relatif datar terhadap enam ETF spot Bitcoin dan Ethereum yang dikelola oleh China Asset Management, Harvest Global, Bosera, dan HashKey.

ETF Bitcoin Bosera HashKey mencatat volume perdagangan sebesar 249.000 HK$ pada hari pertama perdagangan, sementara ETF Ether Bosera HashKey menghasilkan volume perdagangan sebesar 99.000 HK$ pada penutupan perdagangan.

Di sisi lain, ETF Bitcoin China Asset Management (CAM) jauh lebih baik, dengan volume perdagangan sebesar 4,6 juta HK$. Perdagangan dibuka pada 8.080 HK$ dan ditutup pada 7.950 HK$. ETF Ether CAM mencatat volume perdagangan sebesar 4,6 juta HK$ pada penutupan perdagangan.

Baca juga: MetaComp Gandeng Harvest Global, ETF Hong Kong Siap Meluncur di Singapura!

Wu Blockchain sebelumnya melaporkan bahwa ukuran langganan CAM untuk ETF spot Bitcoin dan Ethereum menarik $140 juta selama periode penawaran awal sebelum perdagangan dimulai.

HKEX Berusaha Menarik Investor ke ETF Crypto

hong kong luncurkan synapse
Sumber: Reuters

Dilansir dari Cointelegraph, HKEX sebelumnya menyoroti minat investor dalam ETF futures cryptocurrency-nya, yang pertama kali diluncurkan pada akhir 2022. Tiga “ETF Futures VA” nya menarik $529 juta aliran masuk bersih pada kuartal pertama 2024 – menambah kehebohan seputar peluncuran ETF spot BTC dan ETH pada 30 April 2024.

South China Morning Post melaporkan bahwa manajer dana lokal dan perusahaan pialang menawarkan pembebasan biaya dalam upaya untuk menarik investor ke ETF crypto baru tersebut.

Harvest diketahui menghapus biaya pengelolaannya selama enam bulan, sementara Bosera menghilangkan biaya pengelolaannya selama empat bulan.

Publikasi tersebut juga mengindikasikan bahwa investor di Tiongkok daratan mungkin memiliki akses ke produk-produk yang baru diluncurkan ini.

Namun, hal ini dapat diredam oleh kebijakan KYC yang terkait dengan kartu identitas Tiongkok daratan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bulbapp