ETF Bitcoin Guncang Pasar, Volume 3x Lipat ETF Baru 2023!

ETF Bitcoin Guncang Pasar, Volume 3x Lipat ETF Baru 2023!

Ketika dunia keuangan terus beradaptasi dengan kehadiran crypto, sebuah fenomena baru telah muncul yang mengejutkan pasar. ETF Bitcoin yang baru-baru ini diluncurkan telah mencatatkan volume perdagangan yang mengalahkan gabungan volume dari 500 ETF yang diluncurkan di tahun 2023, dengan perbedaan yang mencolok. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Volume Perdagangan yang Memecahkan Rekor

volume perdagangan etf bitcoin
Sumber: Akun X Eric Balchunas

Pada tanggal 16 Januari, sepuluh ETF Bitcoin spot yang baru disetujui mencatatkan volume perdagangan yang luar biasa, mencapai lebih dari $1,8 miliar. ETF ini, yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Grayscale, BlackRock, dan Fidelity, telah menarik perhatian investor dengan jumlah yang signifikan.

Dibandingkan dengan volume perdagangan gabungan dari 500 ETF yang baru diluncurkan di tahun 2023, yang hanya mencapai $450 juta, angka yang dicapai oleh ETF Bitcoin ini lebih dari tiga kali lipat. Ini menunjukkan minat yang tinggi dari pasar terhadap produk keuangan yang terkait dengan crypto.

Baca Juga: Prediksi Scaramucci: Bitcoin Akan Tembus $170.000 di Tahun Depan!

ETF Bitcoin: Pilihan Investor Masa Kini

BlackRock’s iShares Bitcoin Trust telah menjadi bintang di antara ETF Bitcoin, dengan mengumpulkan lebih dari $497 juta dalam aliran masuk dana selama tiga hari terakhir. Produk ini telah menjadi sangat populer di kalangan investor yang mencari eksposur terhadap Bitcoin melalui instrumen investasi yang lebih tradisional.

Sementara itu, Grayscale’s Bitcoin Trust, yang telah berubah menjadi ETF Bitcoin spot, mengalami aliran keluar dana yang cukup besar, dengan lebih dari $579 juta sejak mulai diperdagangkan pada 11 Januari. Meskipun demikian, produk ini masih memegang aset yang besar dengan total nilai manajemen aset sekitar $27 miliar.

Baca Juga: Davos 2024: CEO Ripple Antisipasi Gelombang Baru Persetujuan ETF Crypto

Kompetisi di Pasar ETF Bitcoin

Tidak hanya BlackRock dan Grayscale, ETF lain seperti Ark Invest dan 21Shares juga telah menunjukkan kehadiran mereka di pasar.

Pada tanggal 16 Januari, mereka mencatatkan volume perdagangan yang mengesankan, masing-masing sekitar $124 juta dan $52 juta. Namun, produk dari Invesco, VanEck, Franklin Templeton, Valkyrie, dan WisdomTree mencatatkan volume yang lebih rendah, dengan $10 juta atau kurang.

Meskipun ada perbedaan performa di antara berbagai dana, aktivitas perdagangan keseluruhan untuk ETF Bitcoin baru ini tetap kuat, dengan volume kumulatif yang melebihi $9,5 miliar selama tiga hari.

Kesimpulan

Dengan volume perdagangan yang mencengangkan dan minat yang terus meningkat, ETF Bitcoin telah membuktikan diri sebagai pemain utama di pasar keuangan. Kehadiran mereka tidak hanya menandakan penerimaan yang lebih luas terhadap crypto, tetapi juga membuka peluang baru bagi investor untuk terlibat dalam revolusi digital ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi