ETF Bitcoin Menggoyang Prinsip Dasar Crypto, Apa Maksudnya?

ETF Bitcoin Menggoyang Prinsip Dasar Crypto, Apa Maksudnya?

Kehadiran ETF Bitcoin di pasar Amerika Serikat telah menciptakan gelombang besar dalam industri keuangan, namun beberapa eksekutif blockchain menilai bahwa produk ini menyimpang dari prinsip dasar crypto. Dengan miliaran dolar mengalir ke dalam ETF ini, pertanyaan muncul: apakah ini langkah maju atau mundur bagi dunia crypto?

ETF Bitcoin: Antara Popularitas dan Kontroversi

ETF Bitcoin yang baru-baru ini diluncurkan di AS telah menarik perhatian dengan aliran dana masuk mencapai $782 juta hanya dalam dua hari perdagangan. Meskipun demikian, Andy Bromberg, CEO Eco, mengkritik bahwa ETF tersebut menjauhkan investor dari esensi sebenarnya dari Bitcoin.

Menurutnya, ETF hanya memberikan kepemilikan atas kertas, bukan Bitcoin itu sendiri. Bromberg mengakui bahwa ETF Bitcoin merupakan langkah positif dalam memberikan kesempatan bagi masyarakat Amerika untuk berpartisipasi dalam pasar keuangan.

Baca Juga: Terkuak Alasan Dibalik Penurunan Harga Bitcoin yang Mengejutkan

Namun, ia menekankan bahwa komunitas crypto harus mengedukasi investor baru tentang pentingnya memiliki kendali atas aset crypto mereka sendiri. Jika tidak, Bitcoin hanya akan menjadi aset finansial yang dimiliki oleh Wall Street.

Perkembangan Teknologi dan Masa Depan Crypto

etf bitcoin dominasi pasar
Sumber: CoinMarketCap

Lucas Henning, CTO tim pengembang Suku wallet, berpendapat bahwa ETF Bitcoin tidak akan bertahan lama dalam menarik perhatian publik. Ia menyoroti bahwa kebanyakan crypto dan protokol selain Bitcoin tidak akan mendapatkan persetujuan SEC untuk ETF.

Henning juga menambahkan bahwa dengan adanya Ethereum Improvement Proposal (EIP) 7212, proses self-custody aset crypto akan menjadi lebih mudah. EIP-7212 akan memungkinkan pengguna untuk menandatangani transaksi di Ethereum menggunakan biometrik, seperti pemindaian wajah.

Ini akan membuat penggunaan dompet crypto semudah menggunakan akun brokerage. Henning yakin bahwa ini akan mengurangi daya tarik ETF crypto, karena investor tidak lagi memerlukan pihak ketiga untuk menyimpan aset crypto mereka.

Rekor Peluncuran ETF di AS dan Dampaknya

Awal tahun 2024 mencatatkan rekor peluncuran ETF di AS, dengan 35 ETF baru, termasuk 11 ETF Bitcoin spot. Todd Rosenbluth dari VettaFi memprediksi bahwa jumlah peluncuran ETF tahun ini akan melampaui rekor tahun lalu.

ETF Bitcoin spot telah menarik inflasi aset sebesar $1,9 miliar dalam tiga hari pertama, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh ProShares Bitcoin Strategy ETF. Meskipun demikian, kehadiran ETF Bitcoin spot yang sangat dinanti mungkin membuat peluncuran ETF lain kurang mendapat perhatian.

Todd Sohn dari Strategas menilai bahwa timing peluncuran produk keuangan lainnya menjadi kurang tepat karena terhalang oleh popularitas ETF Bitcoin spot. Namun, F/m Investments berhasil menarik inflasi sebesar $34 juta meskipun diluncurkan tanpa banyak publisitas.

Paragraf Penutup

ETF Bitcoin telah membawa angin segar bagi investor yang ingin terlibat dalam pasar crypto melalui instrumen keuangan konvensional. Namun, perdebatan mengenai kesesuaiannya dengan prinsip crypto asli masih berlanjut. Apakah ETF ini akan menjadi jembatan atau penghalang bagi masa depan crypto, hanya waktu yang akan menjawab.

Baca Juga: Investasi Bitcoin Terancam! Aset Grayscale Anjlok Miliaran Dolar

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi