ETF Bitcoin dan Ethereum Resmi Meluncur di Hong Kong, Siap-Siap Cuan!

ETF Bitcoin dan Ethereum Resmi Meluncur di Hong Kong, Siap-Siap Cuan!

Jakarta, Pintu News – Hong Kong, pusat keuangan global, baru saja memberikan lampu hijau untuk peluncuran ETF Bitcoin dan Ethereum spot pertama di wilayahnya. ETF ini akan mulai diperdagangkan pada tanggal 30 April 2024, menandai babak baru dalam perjalanan Hong Kong sebagai pusat aset digital. Simak ebrita lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin dan Ethereum Spot Pertama di Hong Kong

Otoritas Jasa Keuangan Hong Kong, Securities and Futures Commission (SFC), telah resmi menyetujui peluncuran ETF Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) spot pertama di wilayah tersebut. ETF ini akan diperdagangkan di Bursa Efek Hong Kong mulai tanggal 30 April 2024.

ETF ini menawarkan cara yang lebih aman dan nyaman bagi investor ritel dan institusional untuk berinvestasi pada aset digital yang mendasarinya dalam kerangka peraturan yang ketat. Thomas Zhu, kepala aset digital dan kepala bisnis kantor keluarga di ChinaAMC, mengatakan bahwa ETF ini akan memberikan peluang bagi investor untuk berinvestasi pada aset digital tanpa harus khawatir tentang keamanan dan penyimpanan aset mereka.

Baca Juga: 7 Memecoin Teratas Berpotensi Meroket 10-50x Lipat di Tahun 2024

Model Penciptaan ETF In-Kind

Tidak seperti model penciptaan uang tunai yang digunakan oleh ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat, Hong Kong memilih untuk menawarkan model penciptaan in-kind untuk ETF-nya. Model ini memungkinkan penciptaan saham ETF baru dengan menggunakan BTC dan ETH.

Model penciptaan ETF in-kind Hong Kong dapat menjadi peluang signifikan untuk meningkatkan aset yang dikelola (AUM) dan volume perdagangan untuk produk-produk ini. Rebecca Sin, analis ETF Bloomberg, memperkirakan bahwa AUM ETF Bitcoin dan Ethereum Hong Kong dapat mencapai $1 miliar dalam waktu dua tahun.

Baca Juga: ETF Bitcoin dan Ethereum di Hong Kong: Peluang atau Sekadar Sensasi?

Persaingan Biaya ETF di Hong Kong

3 etf hongkong
Daftar ETF yang diluncurkan di Hong Kong. Sumber: Bloomberg

Peluncuran ETF pertama di Hong Kong dapat memicu persaingan di antara para penerbit untuk menawarkan biaya terendah bagi pelanggan. Biaya untuk ETF pertama sudah lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya, yang merupakan pertanda baik bagi investor.

Eric Balchunas, analis ETF senior di Bloomberg, mengatakan bahwa biaya yang lebih rendah dapat menarik lebih banyak investor dan meningkatkan volume perdagangan ETF. Persaingan biaya ini juga dapat mendorong inovasi dan pengembangan produk ETF yang lebih baik di Hong Kong.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Dinilai ‘Lebih Unggul’ Dibandingkan ETF Emas, Kok Bisa?

Hong Kong: Menuju Pusat Aset Digital Global

Peluncuran ETF Bitcoin dan Ethereum spot di Hong Kong merupakan langkah penting dalam perjalanan Hong Kong untuk menjadi pusat aset digital global. Dengan dukungan pemerintah yang kuat, regulasi yang jelas, dan ekosistem aset digital yang berkembang pesat, Hong Kong memiliki potensi besar untuk menarik investor dan perusahaan aset digital dari seluruh dunia.

Namun, Hong Kong juga menghadapi tantangan dalam bersaing dengan pusat aset digital lainnya seperti Singapura dan Dubai. Untuk menjadi pusat aset digital global yang sukses, Hong Kong perlu terus mengembangkan ekosistem aset digitalnya, menarik lebih banyak investor dan perusahaan aset digital, dan memastikan regulasi yang jelas dan kondusif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi