ETF Bitcoin Catat Arus Masuk $31 Juta, BlackRock & Ark 21Shares Memimpin Jalan!

author:

ETF Bitcoin Catat Arus Masuk $31 Juta, BlackRock & Ark 21Shares Memimpin Jalan!

Jakarta, Pintu News – ETF Bitcoin nampaknya terus mendapatkan momentum. Pasalnya, data Farside UK mengungkapkan arus masuk bersih sebesar $31,6 juta pada hari Selasa, 23 April 2024.

Lonjakan ini dipimpin oleh raksasa industri seperti BlackRock’s iShares Bitcoin Trust (IBIT) dan Ark 21Shares Bitcoin ETF (ARKB). Namun, GBTC Bitcoin ETF Grayscale justru mengalami arus keluar yang lebih tinggi pada hari Selasa.

Arus Masuk IBIT, ARKB, dan BITB

Dilansir dari Coingape, ETF Bitcoin Blackrock (IBIT) membukukan arus masuk sebesar $37,9 juta. Sementara itu, ETF Bitcoin Akr 21Shares (ARKB) mencatatkan arus masuk bersih sebesar $33,3 juta.

Baca juga: Bitcoin (BTC) Berpindah Tangan, Whale Baru Bermunculan!

Selanjutnya, ETF Bitcoin Bitwise BTC (BITB) mengikuti dengan arus masuk sebesar $23,2 juta, menunjukkan minat investor yang berkelanjutan terhadap eksposur kripto melalui kendaraan investasi yang teregulasi.

Namun, Fidelity Wise Bitcoin ETF (FBTC) menghadapi hari yang menantang. FBTC hanya mencatat arus masuk sebesar $4,4 juta, menandakan kemunduran sementara bagi dana tersebut.

Arus Masuk Bersih ETF Bitcoin Spot Menurun 50%

Sementara itu, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mengalami peningkatan arus keluar yang signifikan, melonjak menjadi $66,9 juta dari $35 juta yang tercatat pada hari Senin.

Secara keseluruhan, arus masuk bersih untuk 11 ETF Bitcoin Spot menurun hampir 50% dari awal minggu. Pada hari Senin (22/4/24), ETF ini memperoleh arus masuk sebesar $62,2 juta, sebagian besar dipengaruhi oleh penurunan arus masuk FBTC dan melonjaknya arus keluar GBTC.

Meskipun demikian, selama tiga hari berturut-turut ETF tersebut membeli lebih dari 100% total BTC yang ditambang dalam sehari setelah Halving. Sejak hari Jumat lalu, pembelian bersih ETF Bitcoin mencakup 2.177 BTC. Sementara itu, jika mengesampingkan aliran dana keluar GBTC, jumlah pembelian mencapai 4.468 BTC.

Baca juga: ETF Spot Bitcoin dan Ethereum Hong Kong Siap Meluncur pada Akhir April 2024!

Sementara itu, harga Bitcoin tetap bergerak mendatar. Namun, ETF BTC tetap menjadi peserta aktif meskipun dalam kondisi yang stagnan. Secara khusus, akumulasi Bitcoin oleh Tether yang terus berlanjut dan akuisisi harian 1 BTC oleh El Salvador diharapkan akan memberikan pengaruh positif terhadap harga BTC.

CEO Bitwise Menyoroti Adopsi Crypto oleh RIA

bitwise ajukan kembali bitcoin etf
Sumber: U Today

Dalam sebuah posting di X, CEO Penerbit ETF Bitcoin Bitwise, Hunter Horsley, menyoroti meningkatnya adopsi BTC dan crypto di antara Investment Advisors (RIA) atau Penasihat Investasi Terdaftar Registered.

Menurut Horsley, dalam beberapa hari terakhir, tiga RIA yang mengawasi AUM mulai dari $100 juta hingga $2 miliar masing-masing, melayani ratusan keluarga, telah membuat langkah signifikan menuju integrasi aset digital ke dalam portofolio mereka.

Alokasi yang digariskan termasuk proposal untuk alokasi 2% ke Bitcoin untuk semua klien dan alokasi diskresioner mulai dari 3% hingga 10%. Selain itu, mereka mengusulkan alokasi 2,5% untuk Bitcoin dan ekuitas kripto yang terintegrasi ke dalam model investasi.

Lebih lanjut, Hunter membagikan tanda terima email dari RIA terkemuka yang menyatakan niat mereka untuk menggunakan solusi investasi Bitwise seperti BITB, BITW, dan BITQ, menandakan adopsi yang lebih luas dari pendekatan investasi aset digital yang beragam dari Bitwise.

Dia menambahkan bahwa Bitwise, yang dikenal karena menawarkan berbagai solusi investasi di ruang kripto, sekarang semakin diterima sebagai mitra oleh para penasihat.

Secara keseluruhan, ETF Bitcoin terus mendapatkan momentum dengan arus masuk bersih sebesar $31,6 juta pada hari Selasa, 23 April. BlackRock’s iShares Bitcoin Trust (IBIT) dan Ark 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) memimpin lonjakan ini. Namun, Grayscale’s GBTC Bitcoin ETF justru mengalami arus keluar yang lebih tinggi pada hari Selasa.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: