ETF Bitcoin Catat Volume Perdagangan Harian Lebih dari $1 Miliar, BlackRock Mendominasi!

author:

ETF Bitcoin Catat Volume Perdagangan Harian Lebih dari $1 Miliar, BlackRock Mendominasi!

Pasar mata uang kripto kembali diramaikan dengan berita menggembirakan. Pada tanggal 7 Februari 2024, total volume perdagangan harian untuk exchange-traded funds (ETF) Bitcoin melampaui angka $1 miliar.

BlackRock, salah satu perusahaan manajemen aset terbesar di dunia, menjadi pemain utama di balik lonjakan volume perdagangan ini.

ETF Bitcoin Spot Meroket, BlackRock Kalahkan GBTC

Sumber: X

ETF Bitcoin spot, yang memungkinkan investor untuk memperdagangkan Bitcoin secara langsung, mengalami peningkatan volume perdagangan yang signifikan.

Baca juga: ETF Bitcoin Spot Dinilai ‘Lebih Unggul’ Dibandingkan ETF Emas, Kok Bisa?

BlackRock iShares Bitcoin Trust (IBIT) memimpin dengan volume perdagangan harian sebesar $341,2 juta, melampaui Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang mencatat volume $296,5 juta.

Sementara itu, Fidelity’s FBTC fund menyusul di posisi ketiga dengan volume $200 juta, sementara tujuh dana lainnya berkontribusi sebesar $188 juta.

BlackRock dan Fidelity Menguasai Pasar

BlackRock tidak hanya mendominasi volume perdagangan ETF Bitcoin, tetapi juga dalam hal arus masuk dana.

Selama sembilan hari berturut-turut, arus masuk dana ke ETF Bitcoin spot terus melampaui arus keluar dari GBTC. Pada tanggal 7 Februari 2024, GBTC mengalami arus keluar sebesar $81 juta, sementara sembilan ETF Bitcoin spot lainnya menarik arus masuk sebesar $226 juta, menghasilkan arus masuk bersih sebesar $145 juta.

BlackRock mencatat arus masuk sebesar $56 juta, Fidelity’s fund meningkat sebesar $130 juta, dan Bitwise mencatatkan arus masuk sebesar $21 juta.

Baca juga: MicroStrategy Tambah 850 Bitcoin, Total Aset Crypto Capai $8,1 Miliar!

ETF Bitcoin Siap Lampaui MicroStrategy

Pertumbuhan ETF Bitcoin spot yang pesat juga terlihat dari kepemilikan Bitcoin gabungan dari sembilan ETF yang baru diluncurkan.

Total kepemilikan Bitcoin ETF tersebut hampir melampaui MicroStrategy, perusahaan publik yang dikenal sebagai pemegang Bitcoin korporat terbesar.

Hingga tanggal 7 Februari, ETF tersebut memegang sekitar 187.000 BTC, sementara MicroStrategy memiliki 190.000 BTC.

Secara keseluruhan, lonjakan volume perdagangan dan arus masuk dana ke ETF Bitcoin spot menunjukkan bahwa instrumen investasi ini semakin diminati oleh investor. ETF Bitcoin menawarkan cara yang lebih mudah dan aman bagi investor untuk terlibat dalam pasar mata uang kripto.

Dengan semakin banyaknya ETF Bitcoin yang tersedia, investor memiliki lebih banyak pilihan untuk berinvestasi dalam aset digital yang sedang naik daun ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoSlate